Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Langsung Dioperasikan, Mobile Lab PCR Covid-19 Pemprov Mampu Selesaikan 300 Sampel Sehari

akan langsung dioperasikan demi mempercepat pemeriksaan sample waiting list yang jumlahnya mencapai 400 sample.

HUMASPROV KALTIM/ISTIMEWA
LAB PCR - Mobile Lab PCR Covid-19 milik Pemprov Kaltim yang baru tiba, hari Selasa (25/8/20200 ini akan langsung dioperasikan. Mobil ini mampu 300 mengolah sampel per hari. 

SAMARINDA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Hj Padilah Mente Runa mengatakan Mobile Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) yang baru tiba akan langsung dioperasikan demi mempercepat pemeriksaan sample waiting list yang jumlahnya mencapai 400 sample.

"Insyaallah, mulai besok (hari ini) Mobile Lab PCR Covid-19 sudah mulai kita operasikan. Kita tempatkan di Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim untuk membantu memeriksa sample yang sudah menunggu yang jumlahnya mencapai 400 sample," kata Padilah Mante Runa melalui saluran telepon, Selasa (25/8/2020).

Ditambahkan Padilah, dengan adanya Mobile Lab PCR Covid-19 tentu akan sangat membantu percepatan proses pemeriksaan hasil swab masyarakat.

"Kita harapkan Mobile Lab PCR Covid-19 ini bisa secepatnya membantu menyelesaikan pemeriksaan sample yang sebelumnya sudah antri. Kemampuan pemeriksaan sample unit ini dalam sehari bisa mencapai 300 sample," bebernya.

Setelah selesai semua pemeriksaan sample, lanjut Padilah, barulah Mobile Lab PCR ini akan dioperasikan untuk melayani organisasi perangkat daerah yang sebelumnya sudah terdapat kasus terkonfirmasi positif.
"Kita harapkan dengan adanya unit ini bisa secepatnya melakukan pemeriksaan sample, sehingga katahuan mana yang positif. Dengan begitu juga bisa secepatnya dilakukan tracing, sehingga pasien yang positif bisa secepatnya pula dilakukan isolasi mandiri. Dengan begitu kita akan lebih cepat memutus mata rantai penularan Covid-19," tambah Padilah.
Dia juga mengimbau agar masyarakat taat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan, karena masyarakatlah yang akan menjadi garda terdepan upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.
"Jangan anggap enteng Covid-19. Virus ini penularannya sangat cepat. Bahkan telah menimbulkan banyak korban jiwa. Oleh karena itu kita harus taat melaksanakan protokol kesehatan, kapan dan dimana pun kita beraktivitas agar kita terhindar dari penularan Covid-19," pesan Padilah Mante Runa. (mar/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved