Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Dewan Minta Pemerintah Rutin Gelar Pelatihan Guna Ciptakan Wirausahawan Produktif

Anggota DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama mengatakan, wirausahawan produktif tersebut dapat diciptakan

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama 

SAMARINDA - Di masa pandemi saat ini, tidak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Guna menekan tingginya angka pengangguran di Kaltim, pemerintah harus menciptakan wirausahawan produktif.

Anggota DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama mengatakan, wirausahawan produktif tersebut dapat diciptakan salah satunya dengan cara menggelar program pelatihan kewirausahaan.

Politikus muda PDI Perjuangan ini mengatakan, pemerintah perlu melakukan kegiatan pelatihan peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja secara rutin di daerah-daerah.

"Yang mana program tersebut berguna untuk mendorong penciptaan wirausahawan-wirausahawan baru produktif dengan memanfaatkan potensi lokal," ujarnya.

Ia mencontohkan, salah satu cara mengembangkan wirusaha yangproduktif yakni dengan membuat produk olahan berbahan ikan. Sumber daya lokal dapat menjadi produk - produk bernilai tambah dengan tingkat daya saing yang baik.

"Pelatihan kewirausahaan baiknya tidak hanya digelar di daerah perkotaan, tapi juga di daerah pinggiran, pedesaan dan pedalaman," ucap wakil rakyat asal daerah pemilihan Samarinda ini.

Dengan adanya program pelatihan tersebut, Dhony, sapaan akrabnya berharap dapat membuka peluang kerja baru dari usaha-usaha yang dijalankan wirausahawan produktif yang baru.

"Jika penerapan manajemen kewirausahaan produktif tersebut dapat dikembangkan dengan baik, maka bukan hanya akan memberikan keuntungan dan peningkatan kesejahteraan bagi setiap wirausahawan, tetapi sangat mungkin akan membuka lapangan kerja baru," katanya.

Menurut dia, banyak peluang untuk melakukan kegiatan ekonomi khususnya dibidang usaha. Namun masyarakat masih banyak yang kurang menyadari itu.

"Wirausaha merupakan solusi memperbaiki perekonomian suatu negara. Wirausaha adalah mereka yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan guna menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik," ujarnya.

Dengan adanya wirausaha lanjut dia, maka perubahan ekonomi akan membaik dan memperbaiki pendapatan suatu daerah. "Karena wirausaha memberikan peranan penting dalam mengurangi pengangguran," kata Dhony. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved