Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Bawa Serta Para Perajinnya, Dekranasda Kubar Siap Ikuti Dekranasda Kaltim Award 2020

Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah S mengatakan, hal ini menjadi momentum untuk mempromosikan hasil produk kerajinan

HUMASKAB KUBAR
SOSIALISASI - Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah S (dua kanan duduk), bersama Rudiansyah (tengah duduk) dan Heru Apriyadi (dua kiri duduk) selaku Pengurus Dekranasda Kaltim mensosialisasikan Dekranasda Kaltim Award 2020 kepada pengurus Dekranasda Kaltim dan perajin binaannya, di Ruang Rapat Sekkab Kubar Lantai II Setkab Kubar. 

SENDAWAR- Dekranasda Kutai Barat bersama perajin binaannya, siap berpartisipasi berupa mengirimkan karya terbaiknya dalam mengikuti Dekranasda Kaltim Award 2020.

Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah S mengatakan, hal ini menjadi momentum untuk mempromosikan hasil produk kerajinan para perajin di Kubar. Apalagi kategori yang diperlombakan adalah mengangkat produk kerajinan berbahan dasar utama, dari serat alam dan tekstil/kain. Itu merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Kubar.

“Diharapkan para perajin lebih dapat berkreativitas menyampaikan informasi tersebut kepada perajin lainnya,”kata Yuyun Diah S, usai melaksanakan sosialisasi Dekranasda Kaltim Award 2020 oleh pengurus Dekranasda Kaltim, di Ruang Rapat Sekkab Kubar Lantai II Setkab Kubar, Jumat (28/8).

Dia menambahkan Dekranasda Kubar akan membantu dan memfasilitasi para perajin binaannya. Dimulai membagikan formulir pendaftaran, pembuatan narasi dari masing-masing produk dan mengirimkannya ke Dekranasda Kaltim.

Para perajin diimbau untuk karya produk kerajinanya yang dilombakan bisa mengumpulkannya pada 1 Oktober 2020 mendatang, di Sekretariat Dekranasda Kubar, Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok atau Kompleks Taman Budaya Sendawar.”Lebih jelas bisa datang ke sekretariat atau menghubungi handpone seluler 085246205808 atas nama Yuyun Diah S,”ucapnya.

Meski masih dalam suasana pandemi covid-19, tidak menyurutkan langkah untuk tetap bersemangat dan lebih berkreativitas, serta berinovasi mengangkat bahan-bahan lokal khas Kubar. “Tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,”tuturnya.

Rudiansyah, Pengurus Dekranasda Kaltim mengatakan pengiriman karya lomba Dekranasda Award Kaltim 2020, dari pendaftaran dan penilaian dimulai selama tujuh hari atau berakhir pada 7 Oktober 2020. Sedangkan hasil pengumuman pemenangnya, pada 8 Oktober 2020 mendatang.

Persyaratan pendaftaran terdiri perorangan/kelompok usaha binaan dekranasda kabupaten/kota, peserta umum dalam wilayah provinsi Kaltim sesuai dengan keterangan daerah domisili di KTP dan produk yang diperlombakan adalah produk hasil cipta karya sendiri/kelompok.

“Terakhir peserta dapat mengirimkan maksimal tiga produk dari hasil karyanya,”jelas Rudiansyah didampingi Heru Apriyadi selaku pengurus Dekranasda Kaltim.

Kemudian, kategori yang diperlombakan produk kerajinan yang berbahan dasar utama dari serat alam dan tekstil/kain khas daerah masing-masing. Kriteria penilaian seperti inovatif, keunggulan, ramah lingkungan, keaslian, daya jual dan tanggung jawab sosial.”Bagi para pemenang lomba tersebut, karyanya akan kembali dilombakan di nasional,”ujarnya. (adv/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved