Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Buka Rakor Pokdarwis, Sekda Sunggono Berharap Jadi Momen Bangun Jejaring dan Muculkan Kreativitas

Kegiatan yang digeber oleh Dinas Pariwisata Kukar ini diikuti 32 Pokdarwis dari Kecamatan yang ada di Kukar. Sunggono berharap Rakor tersebut

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
RAPAT KOORDINASI - Dinas Pariwisata Kukar melaksanakan rapat koordinasi Pokdarwis se-Kutai Kartanegara di Ballroom Grand Elty Hotel Singgasana Tenggarong, pekan tadi. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono. 

TENGGARONG – Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono, membuka rapat koordinasi (Rakor) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Kutai Kartanegara di Ballroom Grand Elty Hotel Singgasana Tenggarong, pekan tadi.

Kegiatan yang digeber oleh Dinas Pariwisata Kukar ini diikuti 32 Pokdarwis dari Kecamatan yang ada di Kukar. Sunggono berharap Rakor tersebut dijadikan untuk membangun komunikasi dan jejaring antar-pokdarwis yang ada di Kukar saling mendukung satu sama lain, jalin kerjasama antar desa, antar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Misalnya keberlanjutan event, pemasaran produk dari pokdarwis atau suplai bahan baku untuk kegiatan Pokdarwis.

"Hal ini akan menjadikan Kukar semakin kuat, hindari sikap kompetisi tapi munculkan semangat energi dengan saling mendukung antar-pokdarwis," ujarnya.

RAKOR POKDARWIS - Suasana Rakor Pokdarwis di Tenggarong.
RAKOR POKDARWIS - Suasana Rakor Pokdarwis di Tenggarong. (HUMASKAB KUKAR/PROKOM)

Ia juga mengatakan, dengan jejaring dan kebersamaan maka pengunjung atau wisatawan akan semakin tertarik dan bisa lebih lama tinggal di Kukar karena akan mendapatkan pengalaman yang berbeda – beda di setiap pokdarwis yang dikunjungi, tanpa kita sadari geliat ekonomi kerakyatan juga bergerak.

Untuk itu, ia mengajak peserta rakor bersama sama mencurahkan ide dan gagasan, merumuskan langkah–langkah kreatif dan konstruktif, melalui program dan kegiatan Pokdarwis di masing–masing desa. Pemkab Kukar memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat, termasuk melalui sektor pariwisata.

Sementara itu, menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata, sebagai sebagai lembaga swadaya di tingkat masyarakat yang menjadi pelopor terciptanya iklim kondusif di destinasi wisata desa dan pokdarwis, sekaligus bisa menjadi mitra pemerintah desa dalam memajukan wisata desa, dengan mengacu peran dan partisipasi masyarakat dalam membangun destinasi wisata yang dimiliki desanya.

Diharapkan pokdarwis di desa dapat membantu dan bekerjasama dengan pemerintah desa melalui BUMDes dalam menggali berbagai macam potensi wisata didesa misalnya pengelolaan pusat kuliner, atraksi, homestay dan pengelolaan kerajinan. Kegiatan ini diikuti juga para Kepala Desa, Perwakilan Badan Permusyarawatan Desa, pengurus BUMDes.(adv/prokom04)

Tags
Pokdarwis
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved