Breaking News:

Bupati Kukar Edi Damansyah Ingatkan BPD untuk Jalin Sinergitas dengan Pemerintah Desa

Pemerintah desa diarahkan sesuai kewenangannya agar turut melaksanakan pencegahan, penanganan, serta penanggulangan dampak penyebaran covid-19

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan anggota BPD Desa Kerthabuana dan desa Bhuana Jaya di Kecamatan Tenggarong Seberang 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pada masa tanggap darurat covid-19 ini, pemerintah desa diarahkan sesuai kewenangannya agar turut melaksanakan pencegahan, penanganan, serta penanggulangan dampak penyebaran covid-19, baik dari aspek kesehatan, ekonomi, maupun sosial.

Hal itu disampaikan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, melalui sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Sukhrawardy pada pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kertabhuana dan Desa Bhuana Jaya.

Dalam rilis Humas Setkab Kukar, pelantikan ini digelar di halaman sekolah dasar Desa Kertabhuana Kecamatan Tenggarong Seberang, Senin (31/8/2020).

Baca Juga: Ketua DPRD Kukar Sebut TNI Proaktif Beri Penyuluhan ke Masyarakat dalam Penanganan Covid-19

Baca Juga: Pemkab Kukar Bakal Lelang Kendaraan Dinas Secara Terbuka, Rata-Rata Usia Kendaraan Puluhan Tahun

Dalam sambutannya itu, Bupati Edi mengatakan, kampanye pencegahan penularan Covid-19 hendaknya menjadi kesadaran kolektif seluruh warga desa, yang dimotori oleh BPD bersama kepala desa dan lembaga kemasyarakatan di desa.

"Jadi peran BPD pada masa tanggap darurat Covid-19 ini turut mengawal penganggaran melalui Perubahan APBDes bersama kepala desa," ujar Edi.

Dijelaskan Edi, BPD merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintah yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Edi juga mengharapkan, hendaknya BPD terlibat dalam fungsi pengawasan BLT DD sejak mulai pendataan sampai penyalurannya agar tepat sasaran.

"Kami mengingatkan kepada seluruh anggota BPD yang dilantik bahwa BPD adalah mitra kerja pemerintah desa atau kepala desa dalam pembangunan desa. Maju mundurnya pembangunan desa, sangat ditentukan oleh kerjasama yang harmonis dan sinergi, antara pemerintah desa dan BPD dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat" kata Edi.

Pelantikan pengurus BPD Desa Kertabhuana dan Desa Bhuana Jaya dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, Kepala Dinas Perkebunan M. Taufik, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dafip Haryanto, Kepala Dinas ESDM Slamet Hadi Raharjo, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Dadang S Supriatman, Kepala Bagian Pemerintahan Etty Sumiati dan Camat Tenggarong Seberang Suparman.(*)

Baca Juga: Tak Hanya Karyawan Swasta, Pegawai Non PNS Juga Dapat Bantuan Subsidi Gaji, Ini Langkah Pemkab Kukar

Baca Juga: Dukung Pengembangan Usaha Pertanian, Pemkab Kukar Berikan Bantuan Alat Mesin Pertanian

Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved