Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Lantik Kelompok Wanita Tani Loa Janan, Maslianawati Minta Manfaatkan Pekarangan Rumah

Mulai menanam tanaman yang berguna bagi keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga.

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
MELANTIK KWT - Ketua KWT Kabupaten Kukar Maslianawati Edi Damansyah, saat melantik pengurus KWT Kecamatan Loa Kulu, di Balai Desa Loh Sumber, Loa Kulu. 

TENGGARONG - Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang memberdayakan perempuan, dan sangat berkontribusi dalam memajukan sektor pertanian. Hal tersebut dikatakan Ketua KWT Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah, saat melantik pengurus KWT Kecamatan Loa Kulu, di balai Desa Loh Sumber, Loa Kulu, pekan tadi.

Ia minta agar setelah pelantikan, anggota KWT dapat melakukan hal pertama yaitu langsung ke lapangan mengelola lahan kosong di halaman rumahnya masing - masing. Mulai menanam tanaman yang berguna bagi keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga. Kegiatan yang dilakukan tentu cukup berkontribusi dalam pembangunan pertanian di Kukar.

"Nanti setelah kembali ke rumah, mulailah melihat pekarangan rumahnya masing - masing, kalau masih ada tempat kosong dapat memulainya dengan menanam tanaman yang bisa bermanfaat bagi keluarga," ajaknya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam kelembagaan pertanian KWT harus saling bergotong-royong dalam memperluas pemanfaatan lahan. Hal tersebut juga mendukung pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan.

"Mari kita bersama-sama untuk memanfaatkan lahan di pekarangan sehingga kebutuhan keluarga sendiri dapat terpenuhi dengan baik, sekaligus menjadi pendapatan keluarga," ujarnya.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Kukar yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kukar H Chairil Anwar mengajak KWT Kukar memanfaatkan lahan perkarangan dan mengolah hasil pertanian, agar bisa meningkatkan nilai jualnya.

KWT diarahkan agar mampu membangun usaha produktif skala rumah tangga dengan memanfaatkan hasil pertanian terutama mengembangkan sumber pangan alternatif.

Melalui Gerakan Kukar Menanam diharapkan pemanfaatan lahan perkarangan dan lahan tidur dapat lebih produktif dan memberikan nilai tambah bagi ekonomi keluarga. Kemudian KWT dan PKK dapat menjadi ujung tombak dalam pemanfaatan dan optimalisasi pekarangan rumah.

Program dan gerakan harus didukung oleh pemerintah desa melalui program yang difasilitasi APBDesa baik bersumber dari ADD maupun DD. Kepada Kepala Desa diminta mendukung program tersebut, termasuk disinergikan dengan program penanganan dan pencegahan stunting di desa masing - masing. Acara dihadiri Camat Loak Kulu H Ardiansyah, Kepala OPD terkait dan Kades se-Kecamatan Loa Kulu.(adv/prokom06)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved