Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Komisi I Terima Nama Calon KIP Kaltim, Jahidin Pastikan Tidak Ada Intervensi Hasil Seleksi

Nama-nama calon KIP tersebut diserahkan langsung oleh Asisten I Pemprov Kaltim sekaligus Plt Kadiskominfo Kaltim Jauhar Efendi

HUMAS DPRD KALTIM
SELEKSI KIP - Komisi I DPRD Kaltim rapat bersama Asisiten I dan Diskominfo Kaltim terkait hasil seleksi 10 besar calon Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim, Senin (31/8/2020). 

SAMARINDA- Terdapat 10 nama hasil seleksi calon Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim yang diserahkan Dinas Komunkasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim kepada Komisi I DPRD Kaltim, Senin (31/8) kemarin.

Nama-nama calon KIP tersebut diserahkan langsung oleh Asisten I Pemprov Kaltim sekaligus Plt Kadiskominfo Kaltim Jauhar Efendi, bersama Sekretaris Diskominfo Kaltim Eka Wahyuni. Sedangkan berkas calon KIP diterima langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin, didampingi sejumlah anggota komisi.

Plt Kadiskominfo Kaltim Jauhar Efendi menyampaikan, penyerahan nama calon KIP sebenarnya telah dijadwalkan jauh hari. Hanya saja, karena terkendala masalah teknis, penyerahan baru bisa dilaksanakan.

"Sebenarnya agenda ini sudah lama direncanakan, tapi karena salah satu panitia pelaksana (pansel) KIP terkonfirmasi covid, sehingga ditunda. Hari ini (kemarin) baru bisa kami melakukan pertemuan dengan Komisi I," ujarnya.

Pihaknya juga mengaku telah melaporkan hasil seleksi kepada Gubernur Kaltim. Berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi, dari 10 nama yang lolos ke tahap selanjutnya, terdapat tiga orang perwakilan dari Pemprov Kaltim.

"Jadi diantara 10 orang itu, sudah ada perwakilan dari pemerintah, dan itu sudah ada suratnya dari gubernur. Mudah-mudahan nanti, kegiatan fit and proper test KIP ini berjalan dengan lancar dan bisa beriringan, sehingga terpilih lima orang yang definitif, dan lima orang cadangan," harapnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mengatakan, amanat yang telah disampaikan oleh Asisten I Pemprov Kaltim akan ditindaklanjuti oleh Komisi I DPRD Kaltim. Selanjutnya, pihaknya akan meneruskan 10 nama tersebut kepada pimpinan DPRD Kaltim.

"Sekaligus kami akan menyurat, supaya dibuatkan SK kepanitiaannya. Jadi hari ini (kemarin), Komisi I membuat surat ke pimpinan DPRD sekaligus memohon untuk dibuatkan SK. Nanti mekanisme kepanitiaan diserahkan kepada sekreteriat DPRD Kaltim," terang dia.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, sesuai dengan amanat undang-undang seleksi komisioner menjadi tugas pokok dari Komisi I. Untuk itu, Jahidin memastikan tidak akan ada intervensi dari pihak lain. "Seleksi akan berjalan sesuai dengan aturan. Hasil seleksi yang dinyatakan lulus, murni karena kemampuan dari peserta, dan kalau ada yang komplain kita akan tunjukkan hasilnya," jelas Politisi PKB ini.

Karena menurut dia, ketika ada intervensi, maka cacat yuridis pelaksanaan ujian tersebut. Karena dirinya tidak ingin meninggalkan kesan yang tidak baik.

"Hasil seleksi ini dilaksanakan oleh panitia independen, profesional dan tidak diragukan kredibilitasnya. Sehingga, jangan sampai kelulusan KIP ini asal-asalan. Sehingga seleksi ini betul-betul bisa dipertanggungjawabkan," tegas Jahidin. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved