Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Sambut Pemindahan IKN ke Kaltim, Pemkab Kukar Gelar FGD Penyusunan Revisi RTRW

Pemkab Kukar telah memiliki Perda No.09/2013 tentang RTRW Kabupaten Kukar Tahun 2013-2032. Namun dengan perkembangan

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
BUKA FGD - Sekda Kukar Sunggono membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan materi teknis RTRW dan konsultasi publik KLHS terkait pemindahan IKN di Kaltim. 

BUKA FGD - Sekda Kukar, Sunggono, membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan materi teknis RTRW dan konsultasi publik KLHS terkait pemindahan IKN di Kaltim.

TENGGARONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono, membuka acara Focus Group Discussion (FGD) penyusunan materi teknis Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan konsultasi publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, di Pasanggrahan Ballroom Grand Fatma Tenggarong, tengah pekan tadi.

Sekda Kukar Sunggono yang menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, mengatakan, dalam perkembangannya proses penyusunan rencana tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang yang telah menggunakan prinsip untuk mendorong perwujudan otonomi daerah sangat diperlukan upaya-upaya yang dapat mengajak partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

Kewajiban ini tertuang dalam PP No.15/2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang Menyebutkan bahwa Salah Satu Bentuk Pelibatan Peran serta Masyarakat dalam Penyusunan RTRW adalah Partisipasi dalam Kegiatan Konsultasi Publik.

Pemkab Kukar telah memiliki Perda No.09/2013 tentang RTRW Kabupaten Kukar Tahun 2013-2032. Namun dengan perkembangan dinamika pembangunan dan ditetapkannya Kaltim sebagai IKN, Kabupaten Kukar masuk dalam Wilayah Rencana IKN tersebut sehingga perlu dilakukan Revisi RTRW Kabupaten Kukar dan hal ini sesuai dengan UU No.26/2007 tentang Penataan Ruang bahwa RTRW Kabupaten bisa ditinjau kembali lebih gari satu kali dalam lima tahun.

Sebagai upaya dalam memadukan/menyelaraskan program pembangunan dan pengelolaan SDA sehingga tercipta suatu pembangunan yang berkelanjutan, Pemkab Kukar melakukan revisi RTRW yang diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pembangunan wilayah ini.

"Karena itu kami mengharapkan semua stakeholder agar dapat memberikan saran/masukan, sehingga hasil revisi RTRW Kabupaten Kukar ini bisa menghasilkan dokumen perencanaan yang sama-sama kita harapkan," harapnya.

Kegiatan ini, diikuti 60 peserta dari stakeholder di lingkup Pemkab Kukar dengan menghadirkan narasumber/konsultan dari Kementerian ATR/BPN Dirjen TR, Ditjen Pembinaan Perencanaan TR dan Pemanfaatan Ruang Daerah dan PT Aria Ripta Sarana (Bandung). (adv/prokom05)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved