Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dekatkan Layanan Pajak Kendaraan Bermotor, Gubernur Resmikan Samsat Pembantu Berbas Pantai

Mendekatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) kepada masyarakat menjadi alasan utama dibukanya Samsat

HUMASPROV KALTIM/AHMAD RIANDI
MERESMIKAN SAMSAT - Gubernur H Isran Noor bersama Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni dan Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati meresmikan Samsat Pembantu Berbas Pantai, Selasa (1/9/2020). 

BONTANG- Gubernur Kaltim H Isran Noor meresmikan layanan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pembantu Berbas Pantai di Kecamatan Bontang Selatan, Selasa (1/9).

Mendekatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) kepada masyarakat menjadi alasan utama dibukanya Samsat Pembantu Berbas Pantai tersebut.

Samsat Pembantu ini tentu saja akan sangat membantu dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pembayaran PKB. "Yang pasti masyarakat akan lebih dekat dan mudah. Kemudian kualitas dan kuantitas penerimaan daerah juga meningkat," kata Isran Noor saat peresmian.

Dijelaskan Gubernur, potensi pendapatan daerah bersumber dari sektor pajak. Salah satunya dari PKB. Dana pajak yang terkumpul itu akan sangat berguna untuk membiayai program-program pembangunan di daerah.

"Untuk itu saya mendorong agar kita semua meningkatkan sumber-sumber pendapatan daerah dengan kemampuan inovasi, kreativitas baik di dalam pelayanan maupun penyediaan berbagai fasilitas," tambah Gubernur berlatar penyuluh pertanian itu.

Orang nomor satu di pemerintahan Kaltim itu berharap hadirnya Kantor Samsat Pembantu di Berbas Pantai mempermudah masyarakat di sekitar Bontang Selatan untuk membayar pajak kendaraan bermotor mereka. Tidak perlu lagi ke Tanjung Limau atau Lok Tuan untuk membayar pajak kendaraan.

"Pemerintah berharap kesadaran masyarakat untuk membayar PKB semakin meningkat dengan adanya keringanan denda dan pembebasan sanksi administrasi," tambah Isran.

Lanjut Gubernur, masyarakat harus terus diberikan edukasi dan sosialisasi dalam hal ketaatan membayar kewajiban pajak.

"Pemprov Kaltim telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mempermudah pembayaran PKB, termasuk kita memberikan keringanan terhadap pajak progresif dengan pembelian kendaraan," urai Isran.
Meningkatnya penerimaan daerah secara langsung juga akan mendorong pertumbuhan perekonomian Kaltim di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Hj Ismiati menjelaskan optimalisasi penerimaan pajak daerah terus dilakukan bersumber dari pajak kendaraan bermotor dengan upaya peningkatan pelayanan kepada wajib PKB.

Dari hasil koordinasi dengan Walikota Bontang Neni Moerniaeni, lanjut Ismiati telah diberikan pinjam pakai aset milik Pemerintah Kota Bontang berupa bangunan untuk kantor Samsat pembantu yang terletak di Kelurahan Berbas Pantai Kecamatan Bontang Selatan.

Di Kota Bontang, kata Ismiati, baru terdapat dua kantong layanan Samsat yaitu kantor Samsat Induk Tanjung Limau dan Samsat Pembantu Loktuan. Selama ini masyarakat di Berbas Pantai membayar PKB ke Samsat Induk di Tanjung Limau yang jaraknya cukup jauh dari Berbas Pantai. "Khususnya untuk pembayaran PKB tahunan," kata Ismiati.

Samsat pembantu Berbas Pantai akan melayani wajib pajak di Kecamatan Bontang Selatan atau 6 Kelurahan dengan jumlah penduduk sebanyak 60.063 jiwa serta jumlah kendaraan sekitar 15.114 unit.

Usai peresmian Gubernur Isran Noor didampingi Walikota Bontang, Kepala Bapenda Kaltim, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim, Karo Humas Setdaprov kaltim berkesempatan meninjau fasilitas kantor Samsat Pembantu Berbas Pantai Bontang Selatan yang baru diresmikan. (mar/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved