Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

DPMK Kubar Minta Pemerintah Kampung Segera Laporkan Penggunaan DD September Ini

Anggaran DD tersebut dibagi dalam tiga tahap. Pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua juga 40 persen dan sisanya

HUMASKAB KUBAR
BURSA INOVASI - Bupati FX Yapan berbincang dengan Kepala DPMK Kubar, Faustinus Syaidirahman saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Klaster 3, di Lamin TBS. 

SENDAWAR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kutai Barat meminta aparat pemerintahan kampung untuk segera menyelesaikan laporan penggunaan Dana Desa (DD). Sebab laporan tersebut menjadi syarat untuk pencairan tahap ketiga DD yang bersumber dari pemerintah pusat.

“Anggaran DD tersebut dibagi dalam tiga tahap. Pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua juga 40 persen dan sisanya tahap ketiga sebesar 20 persen. Nah, untuk tahap kedua sudah semua dicairkan, sisa tahap ketiga saja yang harus dikejar,” kata Kepala DPMK Kubar, Faustinus Syaidirahman, belum lama ini.

Menurut Syaidirahman, untuk mencairkan tahap ketiga, semua laporan penggunaan anggaran sebelumnya harus bisa diselesaikan agar nantinya anggaran berikut tidak tertahan. Untuk itu ditargetkan September 2020 ini pelaporan penggunaan DD bisa segera diselesaikan sehingga dapat mengajukan tahap ketiga.

Dalam pengelolaan DD, jelasnya, juga dilibatkan Tenaga Pendamping Desa dalam menentukan apa saja yang harusnya dilakukan. Agar kedepannya dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan aturan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Yang pasti, DD tersebut juga untuk kegiatan penyaluran BLT kepada masyarakat terdampak pandemi ini sesuai dengan instruksi. Selain itu, juga untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dilaksanakan kampung. Tinggal bagaimana para aparat kampung mengatur dan mengelolanya secara baik dan sesuai aturan,” tambahnya.(adv/hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved