Breaking News:

Peresmian Kas Titipan Bank Indonesia di Kabupaten Nunukan, Penggunaan Rupiah Meningkat di 2019

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (KPwBI Prov Kaltara) melakukan Peresmian Kas Titipan Bank Indonesia di Kabupaten Nunukan

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Asmin Laura Hafid Saat Resmikan Kas Titipan Bank Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (KPwBI Prov Kaltara) melakukan Peresmian Kas Titipan Bank Indonesia di Kabupaten Nunukan.

Kegiatan yang langsungkan pada 4 September 2020 lalu dihadiri langsung Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal, KaKanwil BPD Kaltimtara, Muhammad Hidayat, Pimpinan Forkopimda Nunukan, Pimpinan Perbankan di Nunukan serta diresmikan oleh Bupati Kabupaten Nunukan, Asmin Laura Hafid.

Kas Titipan Bank Indonesia sendiri merupakan kegiatan penyediaan uang milik Bank Indonesia yang dititipkan di salah satu bank, untuk mencukupi persediaan kas-kas bank dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tertentu.

Peresmian Kas Titipan di Wilayah Nunukan ini merupakan wujud komitmen Bank Indonesia untuk mendukung kemajuan perekonomian di Kabupaten Nunukan, khususnya dengan ketersediaan uang rupiah yang layak edar dan dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Penukaran Uang Rp 75.000 di Bank Indonesia, Harus Registrasi Secara Online

Baca Juga: Edisi Khusus Dikeluarkan Bank Indonesia untuk Rayakan HUT ke-75 RI, Ini Penampakan Uang Rp 75.000

Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia diberikan amanat berupa kewenangan dan tugas dalam pengelolaan uang Rupiah yang meliputi Perencanaan, Pencetakan, Pengeluaran, Pengedaran, Pencabutan, Penarikan, dan Pemusnahan Uang Rupiah.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah dalam jumlah cukup dengan jenis pecahan yang sesuai dengan kebutuhan dan dalam kualitas baik serta kondisi layak edar, Bank Indonesia melakukan program distribusi uang kepada masyarakat.

Program distribusi tersebut melalui program strategis Centralized Cash Network Planning (CCNP) dan BI Jangkau di samping rutin melakukan kas keliling dalam rangka memenuhi uang kartal dan menjamin bahwa uang yang beredar dalam kondisi layak edar (Clean Policy).

Dengan menimbang persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi sebelumnya, Bank Indonesia telah menyetujui pembukaan Kas Titipan di Kabupaten Nunukan dan menunjuk PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan sebagai Kantor Pengelola Kas Titipan Bank Indonesia di Kabupaten Nunukan.

"Dengan adanya pembukaan Kas Titipan Kabupaten Nunukan maka wilayah Provinsi Kalimantan Utara mempunyai 3 (tiga) Kas Titipan setelah sebelumnya Kabupaten Bulungan pada tahun 2015, Kabupaten Malinau pada tahun 2017 dan saat ini Kabupaten Nunukan pada Tahun 2020 yang sekaligus melengkapi 93 (sembilan puluh tiga) Kas Titipan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Yufrizal, Senin (7/9/20)

Tantangan selanjutnya dengan adanya Kas Titipan di Wilayah Kabupaten Nunukan adalah dengan terus menurunkan penggunaan mata uang selain rupiah.

Karena tidak bisa dipungkiri, letak geografis Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga menyebabkan masih ada segelintir masyarakat yang menggunakan mata uang asing dalam bertransaksi di wilayah NKRI.

Namun dengan sinergi yang baik antara Pemerintah, Bank Indonesia, TNI, POLRI, serta masyarakat setempat, penggunaan mata uang asing khususnya di Kabupaten Nunukan semakin menurun dari tahun ke tahun.

Sebagaimana hasil survey yang dilakukan oleh Bank Indonesia, penggunaan Uang Rupiah di Tahun 2019 telah mencapai 90% di Wilayah Nunukan, persentase tersebut meningkat dari tahun 2017 yaitu sebesar 70%.

"Tentu kita semua berharap bahwa dalam waktu dekat penggunaan transaksi pembayaran di Kabupaten Nunukan seluruhnya dapat menggunakan Uang Rupiah," tutupnya. (*)

Baca Juga:Info Loker PCPM Angkatan 35 di Bank Indonesia Dibuka September 2020, Simak Persyaratan Lengkapnya

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Bersama Bank Indonesia Balikpapan dan OJK Kaltim Luncurkan UMKM Care Center

Penulis: Risnawati
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved