Breaking News:

Fashion

Mengintip Gaya Busana Batik Motif Rusa yang Dipakai Risna Rais Istri Bupati Penajam Paser Utara

Batik merupakan salah satu warisan budaya negara Indonesia yang memiliki nilai seni yang tinggi. Batik di Indonesia

HO/PEMKAB PPU
Saat menghadiri peresmian Sentra Desa Batik, Ketua Dekranasda, sekaligus Tim Penggerak PKK PPU Risna Rais Abdul Gafur, tampak anggun mengenakan gaun batik berwarna biru dibalut dengan warna hitam dan juga warna cream. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Batik merupakan salah satu warisan budaya negara Indonesia yang memiliki nilai seni yang tinggi. Batik di Indonesia sendiri memiliki beragam motif dari Sabang hingga Merauke.

Nah, berbicara mengenai batik, di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) sendiri, pada Kamis (10/9/9) kemarin, baru saja meluncurkan Sentra Desa Batik pertama yang berlokasi di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur yang digagas oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) PPU. S

Saat menghadiri peresmian Sentra Desa Batik, Ketua Dekranasda, sekaligus Tim Penggerak PKK PPU, Risna Rais Abdul Gafur, tampak anggun mengenakan gaun batik berwarna biru dibalut dengan warna hitam dan juga warna cream.

Gaun batik yang dikenakan oleh Istri Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud itu bermotif flora dan fauna, yaitu bermotif Rusa dan dedauanan.

Baca Juga: UPDATE Virus Corona di Berau, Pasien Covid-19 Kembali Bertambah 8, Didominasi Klaster Pertanahan

Baca Juga: Bangun Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur Ditunda, Garap Masterplan dan Infrastruktur Dasar Saja

Baca Juga: Percobaan Vaksin Covid-19 Sinovac, Diklaim Aman Digunakan oleh Kalangan Lansia

Baca Juga: 16 Kasus Baru Covid-19 di Yogyakarta, Berasal dari Klaster Warung Solo Sudah Meluas

Risna mengatakan, gaun batik yang dikenakannya iru dinamakan batik motif Rusa Diskusi, disebutkannya arti dalam motif tersebut adalah melambangkan kepala daerah atau pemimpin yang bijaksana.

"ini namanya rusa diskusi, dan salah satu yang lagi ada di haki, ni rusanya lagi berbicara, ini khas PPU, narasinya juga keren, narasinya itu bermakna rusa itu melambangkan kepala daerah, atau pemimpin yang bijaksana, yang dia punya elegan dalam memikirkan suatu daerahnya," kata Risna, Saat ditemui usai acara peresmian Sentra Desa Batik Kamis (10/9) kemarin.

Halaman
123
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved