News Video

NEWS VIDEO Kebakaran Hutan California, WNI Kabarkan Situasi Terkini

Kebakaran hutan dan lahan masih menggerogoti kawasan California selatan, yang menghanguskan setidaknya 22.000 hektar hutan dan lahan.

TRIBUNKALTIM.CO - Kebakaran hutan dan lahan masih menggerogoti kawasan California selatan, yang menghanguskan setidaknya 22.000 hektar hutan dan lahan.

"Titik-titik api utama di California selatan meliputi wilayah Los Angeles, San Bernardino dan San Diego,” ungkap Ardian Budhi Nugroho

Konsul Protokol dan Konsuler Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com Minggu (13/9/2020).

Gubernur California Gavin Newsom telah mengeluarkan status darurat di beberapa wilayah, termasuk Los Angeles, San Bernardino dan San Diego Counties.

“Pada 6 September lalu, Gubernur Newsom mengeluarkan Status Darurat kebakaran lahan dan hutan di beberapa wilayah California,” lanjut Ardian.

KJRI Los Angeles lalu menghubungi sejumlah otoritas terkait, dan hasilnya ditemukan tidak ada WNI yang menjadi korban.

“Kami sudah melakukan reach out ke Kantor Sheriff dan Damkar (Pemadam Kebakaran) di wilayah Los Angeles, San Bernardino dan San Diego."

 "Sejauh ini, tidak ada WNI yang menjadi korban. Semoga tidak,” sambung Ardian.

Sementara itu dari hasil komunikasi KJRI Los Angeles dengan kantong-kantong WNI di beberapa wilayah tersebut, kondisi WNI terpantau aman.

“Alhamdulillah kami semua sehat. Cuaca dan udara sudah sangat membaik. Alhamdulillah juga, no one lives by the fire area,” kata Nilla Grinza WNI di San Diego.

Kebakaran tahun ini adalah salah satu yang terbesar sepanjang sejarah California.

Setidaknya 500.000 orang telah dievakuasi dan 15 korban tewas akibat kebakaran yang sudah berlangsung sejak Agustus ini.

Para pihak berwenang memperingatkan, di hari-hari mendatang korban meninggal akan lebih banyak.

Badan Meteorologi Dunia mengatakan, dari 2019 ke belakang banyak kebakaran hutan besar yang "belum pernah terjadi sebelumnya", terutama di Eropa dan Amerika Utara.

Perubahan iklim yang mengeringkan lahan berperan besar dalam cepatnya kebakaran menyebar, hingga menimbulkan kerusakan material, lingkungan, hingga korban jiwa.

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Hutan California, WNI Kabarkan Situasi Terkini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2020/09/13/112654570/kebakaran-hutan-california-wni-kabarkan-situasi-terkini?page=all.

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved