Breaking News:

Pansus Penataan Ruang Laut Belum Kelar Selama 3 Tahun, Ini Penjelasan Anggota Pansus DPRD Kaltim

DPRD Provinsi Kaltim mengadakan rapat paripurna di Gedung D lantai 6, Selasa (15/9/2020). Dalam rapat tersebut membahas kelanjutan tiga pansus yang di

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Anggota Pansus RZWP3K DPRD Kaltim Baharuddin Demmu ditemui usai rapat paripurna di Gedung D lantai 6, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- DPRD Provinsi Kaltim mengadakan rapat paripurna di Gedung D lantai 6, Selasa (15/9/2020). Dalam rapat tersebut membahas kelanjutan tiga pansus yang dilakukan DPRD Kaltim.

Tiga pansus tersebut antara lain Rencana Zonasi Wilayah Perikanan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K), Oleochemical Maloy dan RP3KP. Untuk pansus RZWP3K ini merupakan pansus dengan usia cukup lama.

Pansus ini sudah dibentuk sejak tiga tahun silam. Selama tiga tahun Raperda terkait RZWP3K ini belum rampung. Anggota pansus Baharuddin Demmu menjelaskan, faktor yang membuat pansus Raperda RZWP3K belum kelar hingga saat ini.

Menurutnya, pihak pansus ingin mendengar seluruh elemen masyarakat yang berada di kawasan pesisir. Beberapa masyarakat sudah mengemukakan aspirasinya kepada anggota Pansus RZWP3K DPRD Kaltim.

Namun beberapa masyarakat lainnya menolak hal tersebut. Untuk itu, ia segera meminta pihak yang kontra terhadap Raperda untuk diajak hearing.

Sehingga nantinya permasalahan tersebut segera diselesaikan dan pembuatan raperda itu segera rampung dalam waktu terdekat.

"Ada yang mendasar kita berharap masyarakat sipil ataupun kelompok yang punya kepentingan silakan kalau ingin masukkan usulan bikin secara tertulis, kalau bikin hearing bikin surat kepada pimpinan DPRD kemudian disposisi ke pansus.

Kami tidak ingin pansus ini tertutup. Kalau tidak ingin terbuka pansus ini sudah selesai," ucap Baharuddin Demmu.

Meskipun begitu anggota pansus tetap bekerja sesuai protap yang ada. Saat ini pihaknya telah mendapatkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Rencananya, pihaknya akan mengunjungi Berau untuk membahas KLHS tersebut. Sebab beberapa wilayah pesisir itu masih belum dijangkau oleh anggota pansus.

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved