Breaking News:

Perbup Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Rampung, Pemkab Berau Mulai Lakukan Sosialisasi

Pemerintah Kabupaten Berau dipimpin Wakil Bupati Agus Tantomo menggelar rapat terbatas mengenai penerapan pendisiplinan protokol kesehatan covid-19, S

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo memimpin rapat terkait sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten Berau dipimpin Wakil Bupati Agus Tantomo menggelar rapat terbatas mengenai penerapan pendisiplinan protokol kesehatan covid-19, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan yang digelar di ruang Sangalaki Kantor Bupati Berau itu dihadiri pimpinan Forkopimda, sejumlah OPD terkait dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Wakil Bupati Agus Tantomo mengatakan, salah satu masalah yang dihadapi selama ini sehingga sulit mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yakni tidak adanya aturan mengenai hal itu, selama ini hanya sebatas imbauan.

"Sehingga cara kita mendisiplinkan masyarakat kita membuat Perbup yang mengatur tentang pendisiplinan protokol covid-19, bagi masyarakat yang melanggar maka ada sanksi," jelasnya.

Peraturan yang dimaksud, yakni peraturan Bupati Berau nomor 52 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

"Perbup itu sudah keluar sejak 14 September artinya baru satu hari dan sudah diputuskan dalam rapat kita memberi waktu 7 hari untuk melakukan sosialisasi berarti sampai tanggal 21 kami akan sosialisasikannya," tuturnya.

Menindaklanjuti Perbup tersebut, Agus Tantomo mengatakan, pemerintah akan membuat surat edaran ke seluruh camat, lurah, kampung juga masyarakat tentang sosialisasi tersebut.

"Dan kita meminta mereka melakukan sosialisasi, melakukan pengawasan juga melakukan tindakan setelah tanggal 22 September karena Perbup sudah berlaku," tuturnya.

Dalam peraturan bupati tersebut dijelaskan sanksi yang bisa diberikan bagi pelanggar protokol kesehatan mulai pemberian pemahaman, sanksi sosial seperti membersihkan fasilitas umum, bahkan denda administrasi sebesar Rp 150 ribu.

Selain pembahasan tersebut, Wakil Bupati Berau itu juga menyampaikan terkait hasil rapat beberapa waktu lalu mengenai alternatif rumah sakit apabila sudah tidak muat menampung pasien terkonfirmasi positif Virus Corona akibat kekurangan ruangan.

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved