Breaking News:

Sistem Ijon Pendidikan Diterapkan, Antara SMK dengan Dunia Industri, Kemendikbud Beri Lampu Hijau

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mendukung sistem ijon yang bakal diterapkan oleh Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah

TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
ILUSTRASI - Siswi SMKN 1 Sangatta Utara Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. Melalui Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mendukung sistem ijon yang bakal diterapkan oleh Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah dengan Pendidikan Vokasi di Sekolah Menengah Kejuruaan atau SMK, Senin (14/9/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sistem ijon pendidikan diterapkan, SMK dengan dunia industri, Kemendikbud beri lampu hijau.

Melalui Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mendukung sistem ijon yang bakal diterapkan oleh Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah dengan Pendidikan Vokasi di Sekolah Menengah Kejuruaan atau SMK.

Menurut Wikan, langkah ini sejalan dengan misi dari Kemendikbud yang mencoba menerapkan kolaborasi erat antara industri dengan Pendidikan Vokasi.

"Sistem ijon yang didorong agar terwujud di KIK sangat selaras dengan beberapa strategi dasar Link and Match, yang dilakukan bersama oleh satuan pendidikan vokasi dengan dunia industri serta dunia kerja (IDUKA)," kata Wikan kepada wartawan, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Kedatangan Kylian Mbappe ke Stadion Anfield Bisa Saja akan Geser Trio Penyerang Liverpool 

Baca Juga: Keadaan Terkini Ulama Syekh Ali Jaber, Kabarnya Ditusuk Orang tak Dikenal di Bandar Lampung

Sistem ijon bakal diadopsi setelah kerjasama Pemprov Jateng dengan Kawasan Industri Kendal terkait pengembangan sistem pendidikan SMK dan vokasi.

Biasanya sistem ijon diterapkan di dunia pertanian. Namun sistem ijon diterapkan di dunia Pendidikan Vokasi dengan perekrutan perusahaan terhadap calon tenaga kerja dari siswa yang belum lulus.

Menurut Wikan, sistem ijon ini merupakan kolaborasi link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dalam bentuk kearifan lokal.

Baca Juga: Jembatan Pulau Balang Terpanjang Kedua di Indonesia, Hubungkan Balikpapan ke Daerah Ibu Kota Negara

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved