Breaking News:

Situasi PSBB di Jakarta, Jadi Hambatan Anggota Pansus untuk Rampungkan Raperda Oleochemical Maloy

Pansus Raperda Kawasan Industri Oleochemical Maloy saat ini sudah mendekati tahap finalisasi. Hal tersebut diutarakan oleh ketua Pansus Jahidin

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Ketua Pansus Raperda Kawasan Oleochemical Maloy Jahidin usai menghadiri rapat paripurna, Selasa (15/9/2020). Ia mengatakan, pansus Raperda Kawasan Industri Oleochemical Maloy saat ini sudah mendekati tahap finalisasi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Pansus Raperda Kawasan Industri Oleochemical Maloy saat ini sudah mendekati tahap finalisasi.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Pansus Jahidin usai menghadiri rapat paripurna DPRD Kaltim, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, saat ini tinggal menuju tahapan persetutujuan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN.

"Tahapan hampir berakhir, yang menjadi hambatan situasi di Jakarta adanya PSBB. Rencana minggu ini meminta arahan ke Kementerian ATR/BPN. Tapi ini kita masih menunggu konfirmasi ke sana," ucap Jahidin.

Setelah mendapatkan persetutujuan Kementerian ATR/BPN, pihaknya akan melakukan uji publik. Nantinya uji publik menerima masukan dari stakeholder, kelompok masyarakat untuk menyempurnakan draf tersebut.

Ia berharap draf Raperda ini sudah selesai dan nantinya menciptakan perda baru. "Masa perpanjangan tidak boleh lebih satu tahun. Mudah-mudahan saja selesai tahap ini, tinggal dua langkah lagi," ucap Jahidin.

Diberitakan sebelumnya, DPRD Provinsi Kaltim mengadakan rapat paripurna di Gedung D lantai 6, Selasa (15/9/2020). Dalam rapat tersebut membahas kelanjutan tiga pansus yang dilakukan DPRD Kaltim.

Tiga pansus tersebut antara lain Rencana Zonasi Wilayah Perikanan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K), Oleochemical Maloy dan RP3KP. Untuk pansus RZWP3K ini merupakan pansus dengan usia cukup lama.

Pansus ini sudah dibentuk sejak tiga tahun silam. Selama tiga tahun Raperda terkait RZWP3K ini belum rampung. Anggota pansus Baharuddin Demmu menjelaskan, faktor yang membuat pansus Raperda RZWP3K belum kelar hingga saat ini.

Menurutnya, pihak pansus ingin mendengar seluruh elemen masyarakat yang berada di kawasan pesisir. Beberapa masyarakat sudah mengemukakan aspirasinya kepada anggota Pansus RZWP3K DPRD Kaltim.

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved