Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Ketua KPU Bulungan Beber Teknis Pencoblosan, Suhu Tubuh 37,3 Derajat di Ruang Tersendiri

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan, Lili Suryani menyebutkan 12 hal berbeda di Tempat Pemungutan Suara yang tersebar

TRIBUNKALTIM.COM, TANJUNG SELOR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan, Lili Suryani menyebutkan 12 hal berbeda di Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di seluruh Kabupaten Bulungan.

Tentu itu terkait protokol kesehatan yang memang berbeda dengan pemilihan umum sebelumnya.

"Protokol kesehatan itu mulai dari cuci tangan kita siapkan, jarak (tempat cuci tangan) 5 meter dari TPS," ujar Lili Suryani kepada TribunKaltim.com, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, jaga jarak dan pemeriksaan suhu tubuh akan dilakukan. Sehingga nantinya, pemilihan akan dilakukan penjadwalan.

"Tapi nanti lewat dari jam (sesuai jadwal) itu, pemilih tetap boleh datang ke TPS. Ini (jadwal) gunanya agar tidak terjadi penumpukan orang saja," ungkap dia.

Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga diwajibkan memakai masker, face shield dan akan di rapid test.

Selanjutnya, mereka akan diberikan sarung tangan sekali pakai. Ruangan TPS juga bakal luas dan akan disemprot disinfektan sebelum dan sesudah pencoblosan berlangsung.

Setelah melakukan pencoblosan, pemilih akan diteteskan tinta pada jarinya. Maka jelas, tidak akan mencelupkan jari pada wadah tinta.

Ibu dari 3 anak ini membeberkan, bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat.

Kalau misalnya dia suhunya di atas 37,3, maka pemilih tersebut ditempatkan di ruangan dan bilik tersendiri untuk melakukan proses pencoblosan.

Halaman
12
Penulis: Risnawati
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved