Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Tukar Sampah Menjadi Segelas Kopi

bahwa melakukan hal tersebut tidak lain untuk kepentingan Kota Samarinda, agar terhindar dari menumpuknya sampah yang dibuang sembarangan.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Siapa sangka dari sampah rumahan bisa ditukar menjadi segelas Kopi.

Begitulah yang terjadi di Warkop Mitra R3 (Reuse Recycle Reduce) di Jalan H. Moh. Ardans, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sekira pukul 11.30 Wita, saat awak media TribunKaltim.co berdatang ke tempat tersebut, disambut riang oleh Syahrudin sebagai ketua pengelola.

Ditemani masing-masing suguhan segelas kopi hitam pekat, laki - laki yang berusia 49 tahun tersebut mulai bercerita mengapa mengadakan tempat yang baru pertama kali ada di Kota Tepian ini.

Disebutkannya bahwa melakukan hal tersebut tidak lain untuk kepentingan Kota Samarinda, agar terhindar dari menumpuknya sampah yang dibuang sembarangan.

"Makanya kami menghimbau kepada masyarakat, agar membawa sampah ke kami berupa Kardus, Pelastik, seberapapun bawa ke sini kita akan ngopi gratis di sini," ucapnya sembari duduk di tempat tersebut.

Diakui tempat yang dikelola bersama rekan-rekan sejawatnya sudah ada sejak 9 bulan yang lalu.

Namun dikarenakan ada pandemi Covid-19 dan adanya larangan berkumpul dengan jumlah yang banyak membuat tempat tersebut tidak begitu ramai.

"Dalam sehari, yang berdatang tidak menentu, kadang bisa 2 atau 3 orang saja," ucapnya.

Sampah yang diperoleh dari masyarakat tersebut diakuinya didaur ulang kembali menjadi berbagai macam.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved