Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Target Satu Minggu Lagi, Jalan Pattimura yang Tertimbun Longsor Bisa DiLewati Kembali

Timbunan longsor bermaterial tanah yang menutup badan jalan, tepatnya di Jalan Pattimura, kini melibatkan perusahaan untuk mempercepat penanganannya.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Timbunan longsor bermaterial tanah yang menutup badan jalan, tepatnya di Jalan Pattimura, Kelurahan Mangkupalas, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kini melibatkan perusahaan sekitar untuk mempercepat penanganannya.

Target waktu sendiri disampaikan Kepala UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Wilayah II Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR PERA) Kaltim, Joniansyah, memprediksi seluruh timbunan tanah ini akan selesai dalam waktu satu minggu.

"Jika cuaca cerah, Insya Allah diprediksi sepekan akan selesai," ujarnya saat memantau lokasi pengerjaan longsor, Jum'at (19/9/2020) siang.

Hasil rapat yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda, DPRD Samarinda, Kecamatan Palaran, Kecamatan Samarinda Seberang, Lurah sekitar, unsur terkait serta seluruh perusahaan sekitar lokasi longsor akhirnya setuju bersinergi menangani bersama-sama.

"Rapat di Kantor Kecamatan Palaran pada selasa (15/9/2020) lalu sepakat bersinergi menangani longsor. Alhamdulillah, di lokasi mendapat tambahan alat berat 6 unit," tegasnya.

Sudah dapat Dilalui

Terlihat beberapa unit alat berat dari berbagai perusahaan yang berkontribusi, diantaranya empat unit eksavator dan dua unit buldozer, pada  Jum'at (19/9/2020) pagi, membersihkan material tanah longsor di sebelah badan jalan yang masih tertimbun.

Joniansyah mengaku jalur sudah dapat dilalui sore (18/9/2020) kemarin. Namun, hanya satu jalur yang dapat dilewati.

"Kemarin (Kamis) sudah bisa kami buka satu jalan dan memberlakukan dua jalur bagi pengguna jalan, agar dari arah Kecamatan Palaran dan sebaliknya bisa lewat," sebut Joni.

Joni juga menerangkan, kemungkinan tanah bergeser juga masih terjadi di titik longsor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved