Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Belum Ada Usulan PSBB di Kaltim, Wagub Hadi: Itu Kewenangan Kabupaten - Kota

keputusan untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam pandemi Covid-19 merupakan kewenangan kabupaten/kota

TRIBUNKALTIM.CO/JINO KARTONO
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi pada Senin (21/9/2020). 

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan, keputusan untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam pandemi Covid-19 merupakan kewenangan kabupaten/kota.

"PSBB itu keputusannya disampaikan kabupaten/kota. Provinsi hanya meneruskan ke pusat. Jadi kita tidak ada hak provinsi untuk menetapkan PSBB," tegas Hadi Mulyadi kepada Tim Berita Biro Humas Kaltim, Senin (21/9).

Hadi menambahkan, melihat perkembangan Covid-19 dimana kasusnya cenderung meningkat, Pemprov Kaltim sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemkab maupun pemkot terkait kemungkinan menerapkan PSBB.

Pemkot Balikpapan yang kasus terkonfirmasi positifnya cukup tinggi masih belum siap menerapkan PSBB karena alasan ekonomi. "Karena apabila PSBB dilaksanakan, maka banyak yang harus ditutup. Konsekuensinya pemerintah harus menanggung biaya ekonomi masyarakat. Dan seperti inilah pemkab maupun pemkot belum siap menerapkannya," tandas Hadi.

Menurutnya, untuk mengurangi atau memutus mata rantai penularan Covid-19, jalan satu-satunya yang harus dilakukan seluruh lapisan masyarakat adalah meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker setiap melakukan kegiatan, menjaga jarak aman, rajin mencuci tangan serta menghindari kerumunan orang, dengan begitu PSBB tidak perlu diterapkan.

Hadi mengajak masyarakat Kaltim untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19. Gerakan ini harus dilakukan bersama-sama, secara serentak dan menyeluruh.

"Karena masyarakat merupakan garda terdepan untuk mengupayakan pencegahan semaksimal mungkin dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas. Intinya, yang benar-benar tidak punya kepentingan yang mendesak, tidak usah keluar rumah," tandas Hadi Mulyadi. (mar/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved