Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

9 Jam Lewati Darat dan Riam, Bupati Akhirnya Tiba di Lokasi Permukiman Baru Kampung Long Penaneh

Tidak hanya melewati anak sungai Mahakam, rombongan dihadapkan dengan sungai yang memiliki riam-riam,

HUMASKAB MAHULU
PERMUKIMAN BARU - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan rombongan akhirnya tiba di lokasi permukiman baru Kampung Long Penaneh I, Long Penaneh II, dan Long Penaneh III di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Rabu (14/9/2020). Mereka terlebih dulu harus melewati perjalanan panjang, menantang dan melelahkan selama sembilan jam dari Ujoh Bilang. 

UJOH BILANG- Demi melihat langsung serta memastikan kesiapan dan merasakan langsung perjuangan masyarakat di kampung, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH meninjau lokasi permukiman baru Kampung Long Penaneh I, Long Penaneh II, dan Long Penaneh III di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Rabu (14/9/2020).

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam sampai di Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari dari Ibukota Kabupaten Mahulu, Ujoh Bilang. Kemudian rombongan Bupati menuju lokasi Sungai Kasau (Kacu) menempuh perjalanan sekitar 4 jam, dimana medan yang dihadapi tergolong menantang.

Tidak hanya melewati anak sungai Mahakam, rombongan dihadapkan dengan sungai yang memiliki riam-riam, dan di beberapa titik rombongan sebagian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah Bupati Mahulu untuk melanjutkan perjalanan sehingga dapat meninjau dan merasakan langsung bersama-sama masyarakat Kampung Long Penaneh.

Dalam sambutannya Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH menyampaikan, kekaguman dan kebanggaan terhadap warga dari daerah aliran Sungai Kacu atas keputusan untuk bermigrasi kembali dan tetap melestarikan budaya leluhur serta menceritakan secara histori asal muasal Kampung Long Penaneh 1, 2 dan 3 yang dari daerah aliran Sungai Kacu.

“Sebagai langkah perdana dari keseluruhan upaya relokasi kampung ini, kami sudah melakukan pemetaan ulang terhadap daerah aliran sungai Kacu. Selain itu, rintisan awal pembangunan jalan dan titian atau jembatan sudah dilakukan. Lokasi permukiman dan areal yang akan dijadikan lahan pertanian juga sudah disepakati.

Untuk itu, pesan Saya kepada seluruh warga masyarakat Kampung Long Penaneh 1, 2 dan 3, tetaplah bersatu padu dan seiring sejalan dalam merencanakan keingian untuk merelokasi permukiman ke daerah asal. Tidak ada rintangan yang tidak bisa diselesaikan,” tandas Bupati.

Besar harapan Bupati agar seluruh warga tetap fokus pada upaya pemerintah dalam pembangunan. “Di luar sana, ada banyak isu yang dikembangkan untuk memecah belah ikatan kerukunan kita satu sama lain. Sebagai Bupati, saya ingin untuk membawa saudara sekalian dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik untuk semua, sejahtera dan berkeadilan,” tegas Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Camat Long Apari Y Belareq Hujang Nani menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kedatangan Bupati Mahulu dan Ketua DPRD Mahulu ke perbatasan Kecamatan Long Apari.

“Kami sangat berharap apapun yang direncanakan untuk pembangunan Kampung Long Penaneh 1,2,3 agar bisa terealisasi dengan baik. Kami juga berterima kasih atas kunjungan Bupati dan Ketua DPRD. Masyarakat sangat antusias dan bersyukur atas kunjungan Bupati ke perbatasan mengingat medan yang sangat susah untuk dilalui,” jelas Camat Y. Belareq Hujang Di akhir acara tersebut, Bupati menandatangani prasasti peresmian BPU Kampung Long Penaneh 3 dan dilanjutkan dengan peninjauan lahan pertanian.(adv/hms7/td/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved