Breaking News:

Guru adalah Motornya Kurikulum

Guru dan Kurikulum jika diibaratkan membuat suatu makanan maka guru adalah koki sang pembuat makanan, dan kurikulum adalah kumpulan resep makanan

Editor: Sumarsono
HO
Rudy Bahar 

Oleh: Rudi Bahar

TRIBUNKALTIM.CO - Guru dan Kurikulum jika diibaratkan membuat suatu makanan maka guru adalah koki sang pembuat makanan,  dan kurikulum adalah kumpulan resep makanan yang dijadikan petunjuk koki membuat makanan yang di dalamnya memuat bahan dan cara membuat makanan.

Untuk menghasilkan makanan yang baik tentu tidak cukup mengandalkan  resep  yang ada tetapi justru yang sangat penting adalah bagaimana memproses bahan dan alat yang ada agar menghasilkan makanan yang lezat dan menarik.

Semua itu ditentukan oleh kepiawaian, pengetahuan dan  keterampilan serta inovasi sang koki meraciknya, sehebat dan selengkap apa pun resep kalau sang koki tidak punya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk mengolah resep tersebut akan berpengaruh pada hasilnya.

Analogi tersebut bisa digambarkan tentang sebuah proses pendidikan bahwa selengkap apapun kurikulum disusun tapi motornya yaitu sang  guru tidak mengimplementasikan dalam proses pembelajaran  dengan tepat pasti  tujuan yang diharapkan tidak tercapai.

Sebagai suatu rencana atau program, kurikulum  tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikam dalam bentuk pembelajaran dan ujung tombaknya adalah guru .

Begitu juga sebaliknya tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan maka pembelajaran tidak akan berlangsung secara efektif dan efisien.

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan sentral menentukan kegiatan dan hasil pendidikan, penyusunannya memerlukan pondasi yang kuat, didasarkan atas hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Kurikulum yang lemah akan mengasilkan pendidikan yang lemah pula.

Persoalan bagimana mengembangkan suatu kurikulum ternyata bukanlah hal mudah, serta tidak sesederhana yang kita bayangkan.

Dalam skala makro kurikulum berfungsi sebagai alat dan pedoman untuk mengantar peserta didik sesuai harapan dan cita-cita masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved