Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Resmikan Gedung Puskesmas Laham, Bupati Telah Bangun Enam Puskesmas Tiga Berstandar Nasional

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), pemenuhan fasilitas bidang kesehatan

HUMASKAB MAHULU
PUSKESMAS LAHAM - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh melakukan penguntingan pita saat meresmikan gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Laham di Kecamatan Laham, Jumat (25/9/20200. 

UJOH BILANG -  menjadi prioritas utama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu.

Pada Jumat (25/09), komitmen tersebut ditunjukkan dengan diresmikannya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Laham oleh Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, SH.

Peresmian sarana kesehatan ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH kemudian dirangkai dengan meninjau bangunan Puskesmas Laham.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, sejauh ini Pemkab Mahulu telah membangun enam gedung puskesmas yang tersebar di lima kecamatan. Di mana tiga di antaranya dibangun berstandar nasional yaitu Puskesmas Tiong Ohang, Puskesmas Long Hubung, dan terakhir adalah Puskesmas Laham yang baru diresmikan tersebut.

“Puskesmas dianalogikan sebagai ujung tombak sistem pelayanan kesehatan. Untuk itu, Puskesmas Laham dan puskesmas lainnya akan dapat menjadi motivator, fasilitator dan turut serta memantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah kerjanya. Dengan tujuan berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat di lingkup Kecamatan Laham,” kata Bupati.

Dikatakan lebih lanjut, pembangunan pelayanan kesehatan tidak cukup sampai di sini. Pelayanan di tingkat kesehatan akan terus dilaksanakan oleh Pemkab Mahulu untuk lebih melengkapi alat-alat kesehatan di setiap rumah sakit maupun puskesmas.

“Walaupun bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), wujud dari satu usaha pembangunan Puskesmas Laham ini, kami pemkab juga mengeluarkan anggaran untuk fasilitas alat-alat kesehatan yang akan digunakan di Puskesmas Laham ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dalam Laporannya, Kepala Dinas KP3KB drg Agustinus Teguh Santoso, M.ADM.Kes mengatakan, sarana kesehatan Puskesmas Laham ini segera dioperasionalkan sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan kepada masyarakat. Karena itu pihaknya sangat berterima kasih atas kesempatan Bupati dapat hadir dalam meresmikan puskesmas ini.

“Sebetulnya puskesmas Laham ini sudah ada tetapi bangunan lama peninggalan dari Kutai Barat sebelum pemekaran. Saat ini Pemkab Mahulu di bawah pemerintahan Bapak Bupati telah membangun Puskesmas Baru, Kami sangat apresiasi,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, puskesmas yang cukup reprensifatif ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Laham. Karena Puskesmas Laham, dengan fasilitas berstandar nasional.

“Pembanguan kesehatan adalah tulang punggung untuk pembangunan strategis sumber daya manusia. Untuk peningkatan kesejahteraan dan juga peningkatan pembangunan secara umum. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini kita sadari bahwa kesehatan merupakan hal yg sangat berharga,karena ketika kita tidak sehat maka semuanya akan menjadi sia-sia,” tambahnya.(adv/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved