Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

DPRD Lakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon KIP Kaltim  

Seleksi dilakukan oleh Komisi I DPRD Kaltim dengan peserta M Yuhdi, Imran Duse, Fathoni Rozaki, M Khaidir, Rudi Taufana, Erni Wahyuni

HUMAS DPRD KALTIM
UJI : Suasana saat Komisi I DPRD Kaltim memberikan uji kepatutan dan kelayakan pada sepuluh calon anggota komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim periode 2020-2024, Senin (28/9).   

BALIKPAPAN. Setelah melewati seleksi administrasi hingga wawancara, sepuluh calon anggota komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim periode 2020-2024, mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, Senin (28/9). Tes ini dimulai pukul sembilan pagi hingga enam sore di Ruang Jati Meeting Room, Hotel Grand Jatra, Balikpapan.

Seleksi dilakukan oleh Komisi I DPRD Kaltim dengan peserta M Yuhdi, Imran Duse, Fathoni Rozaki, M Khaidir, Rudi Taufana, Erni Wahyuni, Effendi Alamri, Ramaon D Saragih, Meidy Perangin Angin, dan Indra Zakaria.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Sigit Wibowo mengatakan dalam tes tersebut, masing-masing peserta diberi kesempatan meyampaikan paparan visi dan misinya termasuk menjawab pertanyaan dari setiap anggota dewan, untuk kemudian diberi penilaian.

Jahidin melanjutkan, indikator penilaian adalah substansi visi, misi, inovasi program kerja, keluasan dan kedalaman wawasan terkait informasi publik, kemampuan leadership dan manajerial, kemampuan komunikasi dan public speaking, track record peserta serta aspek komitmen.

Menurut Jahidin, seluruh penguji melihat hal-hal itu penting dalam memberikan gambaran terhadap calon komisioner yang berkualitas.

“Semua peserta sudah menyampaikan paparan visi dan misinya dengan baik. Akan tetapi Komisi I harus mencari yang terbaik dari yang paling baik, sehingga tugas dan fungsi Komisi Informasi Provinsi Kaltim bisa benar-benar terlaksana dengan maksimal,” kata Jahidin.

Politisi PKB itu menyebutkan seluruh proses seleksi yang dilakukan oleh panitia yang dilakukan secara objektif sesuai Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi dengan masa bhakti KIP adalah 4 tahun.

Tim seleksi yang terdiri dari akademisi, pemerintah dan tokoh agama/masyarakat yang dibentuk oleh Diskominfo Kaltim. “Ini dimaksudkan guna tetap menjaga objektifitas dalam proses seleksi sehingga mereka yang lulus benar-benar murni berdasarkan kemampuannya masing-masing,”jelas Jahidin.

Turut serta menguji dan menyeleksi Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim Yusuf Mustafa, Sekretaris Komisi I DPRD Kaltim Nasiruddin, serta anggota Komisi I DPRD Kaltim diantaranya Agiel Suwarno, Masykur Sarmian, Rima Hartati, Andi Faisal Assegaf, Amiruddin, Romadhony Putra Pratama, dan Baharuddin Muin. (adv/hms8/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved