Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Helda Arsyad Berharap Daerah Segera Manfaatkan Mobil Adminduk untuk Layani Masyarakat

di antaranya akta pencatatan sipil, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) maupun dokumen kependudukan lainnya

Editor: Achmad Bintoro
HUMASPROV KALTIM/ADI SUSENO
KENDARAAN ADMINDUK - Gubernur Isran Noor saat menyerahkan lima kendaraan adminduk di teras Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini. 

SAMARINDA - Lima Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten di Kaltim akhirnya bisa memiliki fasilitas yang sangat dibutuhkan untuk pelayanan masyarakat agar lebih optimal, yaitu mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan (adminduk) yang akan dioperasikan ke lokasi yang telah dijadwalkan atau pun ke lokasi masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan, bantuan kendaraan operasional keliling adminduk ini sabagai sarana untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, agar dapat mempermudah masyarakat dalam kepemilikan administrasi kependudukan, di antaranya akta pencatatan sipil, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) maupun dokumen kependudukan lainnya.

“Kita harapkan, dengan adanya mobil operasional pelayanan keliling adminduk ini masyarakat pada lima kabupaten di Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser, sudah tidak ditemukan lagi penduduk yang tidak memiliki dokumen kependudukan. Dan masyarakat menyadari akan pentingnya dokumen kependudukan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Halda Arsyad kepada Tim Berita Biro Humas altim, di sela acara launching Grabprotect Kaltim, Senin (28/9).

Halda Arsyad mengharapkan bantuan kendaraan pelayanan keliling Adminduk kepada lima kabupaten untuk segera dimanfaatkan secepatnya agar bisa segera memberikan pelayanan kepada masyarakat sampai ke desa-desa, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kecamatan untuk mengurus dokumen kependudukan mereka.

“Bantuan kendaraan pelayanan keliling adminduk, kiranya secepatnya dioperasikan untuk membantu masyarakat, sehingga kelihatan hasilnya,” kata Halda.

Untuk perekaman KTP-el di Kaltim lanjut Halda sudah hampir 94 persen. Sementara untuk akte kelahiran sudah 98 persen. Dengan bantuan ini diharapkan lebih memacu percepatan pelayanan dokumen kependudukan di daerah. (mar/sul/adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved