Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kadis Kesehatan Ingatkan Warga Kubar Harus Terus Waspada dan Disiplin

Sesuai data yang disampaikan satgas 10 Oktober bertambah 6 kasus terkonfirmasi positif dan satu orang meninggal dunia

HUMASKAB KUBAR
Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat dr Ritha Sinaga MSi 

SENDAWAR - Kasus terconfirmasi positif Covid-19 di Kubar yang diumumkan oleh tim Satgas Covid hingga saat ini masih terus bertambah, saat ini jumlah yang terkonfirmasi mencapai 173 orang merupakan jumlah akumulasi sejak awal.

Sesuai data yang disampaikan satgas 10 Oktober bertambah 6 kasus terkonfirmasi positif dan satu orang meninggal dunia serta satu orang selesai melaksanakan isolasi/sembuh, dengan demikian jumlah yang sembuh sebanyak 137 orang, Senin (12/10).

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat Dokter Ritha Sinaga M Si menyampaikan data 12 Oktober 2020 Jumlah kasus suspek 291 orang, Kasus Probable 3 orang, terkonfirmasi positif PCR total 173 orang, jumlah yang dirawat di rumah sakit 3 orang.

Selesai melaksanakan isolasi/pengobatan 137 orang, jumlah kematian 4 orang. Kontak erat 1.232 orang, jumlah yang diambil spesimen 1.511 spesimen, kasus discarded 1.187 orang Pelaku Perjalananan 41.553 orang/jumlah akumulasi sejak awal.

Dalam kesempatan tersebut Kadiskes juga menjelaskan penambahan kasus Konfirmasi Positif per tanggal 10 oktober 2020 berjumlah 6 kasus yakni KBR 167 umur 43 tahun , dengan status Asimptomatik yang masih melakukan isolasi mandiri berasal dari Kecamatan Barong Tongkok.

KBR 168 Laki-Laki umur 44 tahun dengan status Asimptomatik yang masih melakukan isolasi mandiri di berasal dari Kecamatan Melak. KBR 169 Laki-Laki umur 15 tahun dengan status Asimptomatik yang masih melakukan isolasi mandiri masih melakukan isolasi mandiri di berasal dari Kecamatan Melak.

KBR 170 Laki-Laki umur 20 tahun , dengan status Asimptomatik yang masih melakukan isolasi mandiri masih melakukan isolasi mandiri di berasal dari Kecamatan Melak. KBR 171 Perempuan umur 34 tahun dengan status Asimptomatik yang masih melakukan isolasi mandiri masih melakukan isolasi mandiri di berasal dari Kecamatan Barong Tongkok.

KBR 172 Perempuan umur 54 tahun dengan status suspek yang masih melakukan isolasi mandiri di kota Samarinda berasal dari Kecamatan Tanjung Isuy.

Selain itu disampaikan pula Penambahan kasus Konfirmasi Positif yang meninggal per tanggal 10 oktober 2020 berjumlah 1 kasus KBR 173 Laki- laki umur 58 tahun berasal dari Kecamatan Bentian Besar. Dengan kronologis sebagai Pasien tiba di RSUD Harapan Insan Sendawar pada hari Jumat tanggal 10 oktober 2020 dengan status asimptomatik atau bergejala, dan meninggal pada pukul 12.00 siang, pemakaman telah di lakukan sesuai Protokol covid 19.

Kadiskes juga menambahkan juga ada penambahan kasus sembuh atau telah menyelesaikan masa isolasi pertanggal 11 oktober 2020 berjumlah 1 Pasien KBR 145 laki-laki umur 43 tahun dengan status awal asimptomatik yang melakukan isolasi mandiri di site perusahaan sejak tanggal 2-11 Oktober 2020 berasal dari kecamatan Damai.

Kami sampaikan kegiatan pemeriksaan Rapid Test massal per tanggal 10 Oktober 2020 berjumlah 197 orang di wilayah Kec. Barong Tongkok yang di laksanakan oleh Tim dari Dinas Kesehatan dan Tim dari UPT. Puskesmas wilayah setempat .

Dalam kesempatan Kadiskes mengingatkan bahwa upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 memerlukan partisipasi dan peran kita semua, seluruh elemen masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kutai Barat agar dengan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19 melalui upaya. Jaga kesehatan dan tingkatkan daya tahan tubuh, Gunakan Masker jika bersama orang lain dan jika keluar rumah, Jaga jarak Fisik (Physical Distancing), Hindari berada dalam kerumunan, tidak bepergian atau melakukan perjalananan keluar daerah yang masih terdapat penularan COVID-19,” kata Ritha.

Jangan keluar rumah jika tidak penting ingat apabila kita terinfeksi di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal, akan menjadi sangat beresiko untuk keluarga yang ada di rumah, untuk anak- anak kita, untuk orang tua kita, untuk saudara-saudara kita yang memiliki penyakit komorbid atau Penyakit Penyerta, mari patuhi ini dengan Komitmen yang kuat, dan terus menerus untuk bersama-sama menangani ini agar terhindar dari penularan COVID 19, mulailah dari diri sendiri, keluarga bahkan masyarakat di wilayah tempat tinggal untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sekali lagi kasus konfirmasi positif 19 di Kutai Barat yang secara komulatif sudah mencapai di angka 173 kasus, dengan 4 kasus yang meninggal, maka tingkat kewaspadaan harus ditingkatkan guna memutus mata rantai penularan penyebaran Covid 19 terutama bagi Pelaku Perjalanan dari zona merah wajib Isolasi Mandiri secara ketat dan kami meminta agar masyarakat khususnya pelaku perjalananan dan kontak kasus konfirmasi positif, agar dapat melapor ke Fasyankes terdekat melalui Hotline yang ada.(adv/hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved