Breaking News:

Opini

Merancang Media Pembelajaran di Era Digital

Pada pendidikan formal, kualiatas sekolah atau madrasah sangat bergantung dari kualitas guru, sarana prasarana, dan sumber belajar

IST
Yuniarti, S.Pd, Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Balikpapan. 

Oleh: Yuniarti, S.Pd
Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO - Pada pendidikan formal, kualiatas sekolah atau madrasah sangat bergantung dari kualitas guru, sarana prasarana, dan sumber belajar.

Tenaga pendidik atau guru yang berkualitas akan menjadikan proses pembelajaran akan berhasil.

Beberapa kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam membuat perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu memilih metode, media, model dan strategi pembelajaran sehinga siswa akan lebih mudah dalam mengerti, memahami, dan mengingat kembali pelajaran yang disampaikan guru.

Proses belajar mengajar dapat dikatakan sukses ketika terjadi perubahan pada peserta didik baik dari aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikapnya.

Untuk mempermudah mentransfer ilmu dari guru ke peserta didik, guru juga harus mampu memanfaatkan media pembelajaran.

Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pembelajaran  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Banyak sekali jenis media pembelajaran dari yang sederhana dan murah sampai yang canggih dan mahal harganya. Ada yang dirancang atau sendiri oleh guru namun ada juga yang sudah tersedia .

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved