Breaking News:

Abrasi Masih Menghantui Pantai di Balikpapan, Disporapar akan Ajukan Anggaran Perbaikan

Seperti yang langsung menyambut mata ketika berkunjung di pantai Nirmala Balikpapan. Pun di pantai lain seperti Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Pohon besar tumbang dan mati di Pantai Nirmala, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Diduga, matinya pohon ini akibat terkena abrasi pantai. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Persoalan abrasi yang mendera masih menjadi masalah klasik di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Seperti yang langsung menyambut mata ketika berkunjung di pantai Nirmala Balikpapan. Pun di pantai lain seperti Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan yang turut terkikis.

Untuk diketahui, abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut erosi pantai.

"Banyak pantai yang kita usulkan (untuk program BISA Kemenpar Ekraf), pilihannya disini sekaligus untuk cagar budaya. Apalagi kendala di pantai Nirmala ini abrasi-nya cukup luas," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Doortje Marpaung, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga: Wisata di Balikpapan, Fasilitasi Penguatan Manajemen Pengunjung Pantai Nirmala via Program BISA

Baca Juga: Karmin Laonggeng Ketua DPW Partai Beringin Karya Harap Bisa Berpartisipasi dalam Pemilu 2024 Nanti

Kondisi tersebut, dikatakannya menjadi perhatian pihaknya. Apalagi jika kondisi abrasi ini dibiarkan berlarut, maka akan berdampak juga untuk kenyamanan pengunjung.

"Nanti akan kita coba mengusulkan bantuan. Penanganan abrasi tidak murah, kita coba usul ke provinsi. Namun sebelum itu ada kajian, dan kajian itu butuh waktu," tambah Doortje.

Ia menargetkan, tahun berikutnya pengusulan anggaran ini dapat direalisasi. Itupun jika pandemi berlangsung surut.

Diketahui, lebih dari 50 persen anggaran pemerintahan, dialokasikan untuk dana penanggulangan Corona atau covid-19. Termasuk di kota Beriman, Balikpapan.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved