Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Ikuti Festival Kudungga 2020, Kelompok Tari TBS Kubar Tampil di Taman Budaya Kaltim

Kepala UPT TBS, Melitina, menjelaskan peserta tari pesisir 7 kabupaten /kota dan tari pedalaman 8 kabupaten/kota

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
FESTIVAL KUDUNGGA - Kelompok Tari TBS mengikuti Fstival Kudungga Kaltim 2020 di Samarinda. 

SENDAWAR - Untuk memenuhi undangan dari Taman Budaya Provinsi Kaltim, Pemkab Kubar mengirimkan Kelompok Tari TBS untuk mengikuti ajang Festival Kudungga Kaltim 2020 yang berlangsung di Samarinda. Kubar mengikuti kategori lomba Tari Pedalaman dengan membawakan tarian berjudul “Do belian bawo”.

Kepala UPT TBS, Melitina, menjelaskan peserta tari pesisir 7 kabupaten /kota dan tari pedalaman 8 kabupaten /kota. Harapannya dengan mengikuti ajang festival ini tentu dapat memperoleh prestasi serta mendapat pengalaman dan pembelajaran sebagai pembinaan dan pengembangan pelaksanaan di TBS Kubar .

Menurut Melitina, dengan pengalaman festival di provinsi, dapat ditingkatkan lagi pelaksanaan di Kubar yang terintegrasi melalui kegiatan seni budaya sebagai wadah anak muda untuk menyalurkan minat bakat hobi juga berprestasi sekaligus memajukan kebudayaan.

Di Kubar, nantinya akan akan diselenggarakan festival seni tingkat daerah dengan dua kategori pengembangan 60 sampai 70 persen untuk seleksi ke tingkat provinsi dan seni tradisi etnis. Tujuannya, untuk pelestarian dan pembinaan budaya khas Kubar.

Dengan mengikuti festival di provinsi tentu banyak pembelajaran yang didapat, baik bagi UPT TBS maupun bagi para penari dan pendamping.

“Harapannya bagaimana ke depan bisa mengelola ketika mengikuti festival, seperti materi dan mengemas seni yang memiliki daya tarik untuk ditonton serta memiliki nilai pelestarian,” ujarnya.

Tidak lupa Melitina mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung keikutsertaan tim kesenian Kubar di provinsi baik materi maupun moril dari donasi.(adv/hms10/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved