Breaking News:

Berita Pemkot Tarakan

Hasil Pengolahan Limbah Medis Cukup Bagus, Wali Kota Khairul: Insya Allah Dijamin Aman

"Sudah tercacah demikian, sudah jadi ampas lah itu artinya dan itu sudah disterilkan di dalam itu. Iya sudah ada sterilisasinya juga,

Editor: Achmad Bintoro
HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
Walikota Tarakan Khairul 

TARAKAN - Terkait pengolahan limbah medis oleh Perumda Energi Kota Tarakan, Wali Kota Tarakan, dr Khairul mengatakan menunjukkan hasil yang cukup baik.

"Sudah tercacah demikian, sudah jadi ampas lah itu artinya dan itu sudah disterilkan di dalam itu. Iya sudah ada sterilisasinya juga," ujarnya, Kamis (22/10/2020)

"Jadi seperti auto klaf lah, ada sistem-sistem begitu, dan juga ada disinfektan juga dikasih, sehingga residu yang keluar pun Insya Allah dijamin aman untuk kesehatan, dan untuk lingkungan," tambahnya

Ia sampaikan, selama ini limbah medis diangkut keluar wilayah Kota Tarakan, ke Balikpapan hingga ke Surabaya. Itu dirasa terlalu jauh.

"Ongkos kirimnya juga terlalu mahal," ungkapnya.

"Semua proses pengamanan limbah medis ini juga kan didalam pengiriman kan bisa terjadi juga kecelakaan kerja dan sebagainya," sambungnya.

Dia berharap, upaya-upaya yang telah dilakukan ini, terkait pengolahan limbah medis tidak perlu lagi dikirim keluar wilayah.

Diketahui mesin pengolahan limbah medis ini merupakan mesin baru dengan kpasitas 20 Kg per pengolahan.

"Ya tadi kan satu kali masuk kan 45 menit ya, jadi 45 menit ya katakan lah dengan pembersihan mungkin 1 jam, berarti kalau sehari dia kerja minimal 8 jam atau 12 jam. Kalau 12 jam ya tinggal kali 20 lah," jelasnya.

Sementara pengolahan limbah medis ini masih uji coba. Juga sambil mengatur MoU dengan sivitas kesehatan.

"Kalau sudah oke semua termasuk izin dari kementerian lingkungan hidup sudah keluar baru mungkin bisa," pungkasnya. (adv/ *M03)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved