Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

WTP 5 Kali Berturut-turut, Pemprov Kaltim Raih Plakat dan Piagam Penghargaan dari Pemerintah RI

"Kami bersyukur dan semoga tehun depan terulang lagi," kata Gubernur Isran Noor pada acara yang juga dihadiri Sekretaris Daerah

Editor: Achmad Bintoro
HUMASPROV KALTIM/SYAIFUL ANWAR
LIMA KALI - Gubernur Kaltim H Isran Noor bersama para Penerima Penghargaan Pemerintah RI kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Kaltim untuk Capaian Opini WTP atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019. 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim meraih plakat dan piagam penghargaan dari Pemerintah RI karena karena memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut.

Penghargaan diterima serangkaian acara Penyerahan Penghargaan Pemerintah RI kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Kaltim untuk Capaian Opini WTP atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019, di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (21/10).

"Kami bersyukur dan semoga tehun depan terulang lagi," kata Gubernur Isran Noor pada acara yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa'bani, para Bupati/Walikota se Kaltim, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim Miden Sihombing, Kepala BPK-RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar, jajaran Forkopimda Kaltim, para asisten, kepala biro dan pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim.

Gubernur menegaskan dia minta BPK-RI bekerja secara profesional dan tidak perlu takut memberikan penilaian terhadap kinerja tata kelola keuangan pemerintah daerah. "Apa pun hasilnya, terserah. Mau WDP kah, atau disclaimer kah namanya. Tidak apa-apa," tegasnya.

Sebab, lanjutnya, penilaian dan pemeriksaan yang objektif BPK-RI tentu membuat semua pihak, terutama pemerintah daerah bekerja dan mengelola keuangan negara secara baik dan benar.

Hal ini menurut mantan Ketua Apkasi ini, sangat penting. Selain, bentuk pertanggungjawaban penggunaan uang negara juga bentuk tranparansi, akuntabilitas, efetifitas dan efesian anggaran.

Selain Kaltim, ada enam pemerintah daerah yang meraih penghargaan yang sama. Yakni, Pemkot Samarinda, Pemkot Balikpapan, Pemkot Bontang, Pemkab Paser, Pemkab Kutai Timur dan Pemkab Kutai Barat. Juga penghargaan atas LKPD meraih Opini WTP, yakni Pemkab Berau, Pemkab Kutai Kartanegara, Pemkab Penajam Paser Utara dan Pemkab Mahakam Ulu.

Bahagia SDM Kaltim Bagus

"SAYA bahagia, saya sangat bahagia," kata Gubernur Isran Noor berulang-ulang. Dan rasa bahagianya disampaikan di hadapan para Bupati dan Walikota se-Kaltim, pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga dan jajaran Forkopimda Kaltim.

Kebahagian orang nomor satu Benua Etam ini bukan tanpa alasan. Sebab, hari ini (Rabu kemarin, Red), selain Pemprov Kaltim meraih plakat dan piagam penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut, ditambah enam kabupaten dan kota.

Rupanya, kebahagian lainnya adalah prestasi yang diraih warga Kaltim di ajang Lomba Cerdas Cermat Akuntansi tingkat Nasional. "Sumber daya manusia Kaltim pasti bagus. SDM kita pasti berdaya saing dan bisa bersaing," ujarnya lagi di Grand Ballroom Crystal 1 Hotel Mercure Samarinda.

Mantan Bupati Kutai Timur ini meyakini berbagai upaya dan kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah akan mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi warganya. "Kalau bicara prestasi, saya yakin pasti Kaltim banyak meraihnya. Bukan hanya akademik, tapi bidang-bidang lain," jelasnya.

Isran menegaskan, membangun SDM berkualitas dan berdayasaing sudah menjadi komitmen dirinya bersama Wagub dan jajaran Pemprov Kaltim.

Prestasi juara nasional diraih Retno Safitri (pegawai BPKAD Bontang) juara kedua Lomba Cerdas Cermat dan Muhamad Zarkasih (mahasiswa Untag Samarinda) finalis (peringkat kelima) Lomba Cerdas Cermat Akuntansi kategori mahasiswa. (yans/ri/adv)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved