Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Menang Tingkat Provinsi, Duta Pelajar Sadar Hukum Dijanjikan Beasiswa di Seluruh Universitas Negeri

juara di tingkat Provinsi Kaltim maka akan mendapatkan beasiswa khusus masuk fakultas hukum di universitas negeri di seluruh Indonesia

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
PEMILIHAN DUTA - Para pemenang pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum saat berfoto bersama 

SENDAWAR - Program Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum kembali digelar oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim. Setelah beberapa hari lalu dilaksanakan kepada para pelajar dari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), kini giliran para pelajar dari Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

“Ada sepuluh perwakilan pelajar dari SMA di wilayah Kubar yang mengikuti pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kubar, Riki Panggabean.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ballroom Hotel Grand Family, Kecamatan Barong Tongkok, Jumat (23/10). Kegiatan dibuka oleh Wakajati Kaltim, DR H Supardi SH MH. Kegiatan ini bertujuan membimbing anak anak dan pelajar menjadi sadar hukum.

“Kedepannya, para pelajar yang sudah mengerti hukum akan menjadi model dan agen perubahan di bidang hukum bagi teman teman dan masyarakat sekitarnya. Dengan program kegiatan ini, kami memancing para pelajar mulai dari SMA untuk membaca masalah atau persoalan hukum,” jelasnya.

Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, akan ada enam pelajar lagi dari tiga SMA yang nantinya beruntung mewakili kabupaten/kota untuk mengikuti ajang yang sama pada tingkat Provinsi Kaltim. Dimana para pemenang akan mendapat piala, piagam dan uang pembinaan. Masing-masing juara I sebesar Rp 4,5 juta, juara II Rp 3,5 juta dan juara III Rp 2,5 juta.

“Jika nantinya menjadi juara di tingkat Provinsi Kaltim maka akan mendapatkan beasiswa khusus masuk fakultas hukum di universitas negeri di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan Kabid Bidang Pendidikan SMA Disdikbud Provinsi Kaltim, Drs Krisantus Suharyatno M.Pd, sangat diharapkan apa yang didapatkan dari kegiatan ini diimplementasikan kepada teman temannya. Untuk mengajak taat akan hukum dan kesadaran hukum bisa tertanam sejak dini.

Adapun enam pelajar yang beruntung menjadi pemenang diantaranya SMA 1 Jempang yang meraih peringkat 3, SMA 1 Sendawar meraih peringkat kedua. Dan sebagai peraih peringkat pertama yakni MAN Kutai Barat dengan perolehan nilai 255,5. (advertoail/hms36/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved