Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Ingin Dapat Masukan Tahapan Pilkada, Pjs Bupati Gede Yusa Lakukan Koordinasi ke Kesbangpol Kaltim

"Kita ingin mendengar arahan dan masukan apa saja yang menjadi wewenang Tim Desk Pilkada dari tahapan persiapan hingga

HUMASKAB MAHULU
KUNJUNGI - Pjs Bupati Mahulu Gede Yusa didampingi Kepala Kesbangpol Mahulu Engelbertus Ibrahim menungjungi kantor Kesbangpol Kaltim di Samarinda. 

SAMARINDA - Dalam rangka menyukseskan tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2020 di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) lakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dalam hal ini Kesbangpol Provinsi Kaltim.

Kunjungan kerja yang dilakukan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Mahulu Drs. Gede Yusa, SH yang didampingi Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Mahulu Engelbertus Ibrahim, SE, M.Si ke Kesbangpol Provinsi Kaltim, bukan hanya koordinasi tetapi juga sekaligus bersilahturahmi, Kamis (22/10)

Pjs Bupati Mahulu Drs. Gede Yusa, SH menuturkan tujuan agar menambah pengetahuan langsung dari bagian terkait dari Kesbangpol Provinsi, khusus untuk Tim desk Pilkada di Mahulu.

“Kita maksud ini agar ada gambaran agar Desk Pilkada di kabupaten konek dengan provinsi, dan dengan kabupaten) kota juga sama dapat singkron laporannya. Dan kita dapat mengetahui apa yang diperlukan secara regulasi, ada ketentuan, ada Surat Keputusannya (SK), dan ada organ- organ di dalamnya sehingga siapapun yang duduk di Desk Pilkada tahu fungsinya nanti dalam pelaksanaan Pilkada khusus saat pemungutan suara,” tutur Pjs Bupati.

Pjs Bupati mengharapkan ada informasi potensi kerawanan dapat diskusikan untuk menyamakan persepsi Desk Pilkada. "Sehingga langkah sama dapat meminimalisir potensi kerawanan jangan sampai ada informasi- informasi yang liar berkembang," harap Pjs Bupati.

Hal senada disampaikan Kakan Kesbangpol Mahulu Engelbertus Ibrahim, SE, M.Si bahwa pihaknya ingin mengetahui mengenai fungsi dan tugas Tim Desk Pilkada yang ada di kabupaten.

"Kita ingin mendengar arahan dan masukan apa saja yang menjadi wewenang Tim Desk Pilkada dari tahapan persiapan hingga saat pelaksanaan pilkada nanti, ” kata Kakan Kesbangpol.

Sementara itu Kesbangpol Provinsi Kaltim, dalam hal ini Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Ahmad Firdaus K, S.Sos.,M.Si menyampaikan ada beberapa poin yang patut menjadi perhatian, namun sebelumnya ia berterima kasih kepada Pjs Bupati Mahulu dan Kakan Kesebangpol Mahulu berkenan langsung datang terkait koordinasi pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Kabid Politik Dalam Negeri ini menekankan terkait tugas rekan- rekan di deks pilkada pada pelaksanaan Pilkada, adalah memastikan logistik pada Pilkada nanti sampai pada titik TPS. “Pemda dalam hal ini memastikan kebutuhan logistik itu sampai pada titik TPS,” tandas Ahmad Firdaus.

Ahmad Firdaus pun mengingatkan masalah netralitas ASN, “Rekan- rekan di Mahulu memang sudah melakukan kegiatan sosialisasi untuk mengingatkan netralitas ini, memang ada dibeberapa kabupaten / kota juga terindikasi ASN yang ternyata dilaporkan ketidak netralannya pada kegiatan Pilkada serentak khususnya dibeberapa daerah yang rawan,” tandasnya lagi.

Ia pun mengharapakan agar desk Pilkada di Mahulu dapat benar- benar dapat berkolaborasi dengan rekan Forkominda, “ karena tugas kita juga merupakan tugas bersama yang terpadu antar Forkominda dengan Pemda,” harap Ahmad Firdaus.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved