Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

“Si Informan” Jadi Jembatan Informasi, Resmi Diluncurkan Wagub Kaltim

Si Informan tersebut dibangun, setelah mendapat inspirasi dari masyarakat yang selalu bertanya bagaimana mendapatkan informasi

HUMASPROV KALTIM
Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim HM Syafranuddin 

SAMARINDA- Aplikasi Informasi Akselerasi Sinergi Informasi Masyarakat (“Si Informan”) yang merupakan buah gagasan atau pemikiran dari Kepala Biro Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin resmi dilaunching oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, di Ruang Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (27/10).

Kepala Biro Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin mengatakan gagasan Si Informan tersebut dibangun, setelah mendapat inspirasi dari masyarakat yang selalu bertanya bagaimana mendapatkan informasi pelayanan publik, mulai mengurus akta kelahiran hingga izin usaha.

"Karena itulah, dari gagasan ini perlu sinergi seluruh OPD lingkup Pemprov Kaltim termasuk Pemerintah Kabupaten dan Kota. Dengan demikian informasi yang benar dapat diterima masyarakat dan mampu menangkal berita hoax tentang perkembangan pembangunan daerah," jelasnya.

Dalam arahannya, Wagub Hadi Mulyadi mengatakan, siapa saja pejabat di Lingkungan Pemprov Kaltim, baik eselon II, III dan IV harus mampu kreatif dan inovatif. Sedangkan mengenai trobosan atau nantinya menjadi aplikasi maupun program dari Biro Humas Setprov Kaltim yang disebut Si Informan mampu menjadi jembatan informasi bagi siapa saja rakyat Kaltim bahkan Indonesia, terlebih dari luar negeri. Sehingga informasi dari pemerintah bisa tersampaikan kepada masyarakat.

"Saya berharap Si Informan bisa menjadi jembatan informasi antara masyarakat dengan pemerintah. Apa saja informasi yang diinginkan masyarakat bisa diketahui melalui program tersebut," kata Hadi Mulyadi ketika melauching didampingi HM Syafranuddin yang akrab disapa Ivan.

Karena itu, apa yang menjadi kebutuhan pendukung program tersebut wajib ditingkatkan, mulai teknis maupun speednya perlu ditingkatkan. Sehingga siapa saja yang menginginkan informasi yang akurat dapat segera diberikan jawabannya kepada masyarakat.

Sebab, informasi yang diinginkan masyarakat tidak pernah berhenti. Dengan begitu harus selalu ditanggapi maupun direspon dengan baik atau dijawab oleh pemerintah dalam hal ini melalui Si Informan. "Untuk menyukseskan program tersebut bisa bekerjasama dengan berbagai pihak tak terkecuali dengan Kominfo. Termasuk terus menggali informasi dari masyarakat, sehingga pemerintah bisa meningkatkan kinerja," jelasnya. (jay/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved