Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Dokter Terbang Segera Layani Warga Dua Kecamatan Terpencil di Hulu Sungai Mahakam Ini

Mereka akan memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di dua Kecamatan tersebut pada awal November nanti

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB MAHULU
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mahulu, dr Agustinus Teguh Santoso. 

UJOH BILANG - Masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang bermukim di wilayah hulu Sungai Mahakam, khususnya di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai patut berbangga dan bergembira.

Sebab layanan 'dokter terbang' yang melibatkan beberapa dokter spesialis seperti spesialis anak, dalam, dan kandungan akan berkunjung. Mereka akan memberikan layanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di dua Kecamatan tersebut, pada awal November nanti.

Kabar gembira itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mahulu, dr Agustinus Teguh Santoso. Jumat (23/10). Ia menjelaskan, tahun ini pemerintah provinsi melalui pemkab tetap melàksanakan layanan ‘dokter terbang’ bagi masyarakat di Mahulu.

"Tahun ini ada dua daerah yang menjadi fokus layanan ‘dokter terbang’. Yaitu Kecamatan Long Apari dan Long Pahangi," ujar dr Teguh.

Pelayanan berlangsung pada awal November dengan standar protokol kesehatan covid-19. Layanan ‘dokter terbang’ ini bertujuan untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Akan melibatkan para tenaga medis atau dokter spesialis.

Untuk pelayanannya nanti, tim kesehatan akan mendirikan posko di daerah yang mudah dijangkau oleh masyarakat di kampung -kampung kedua Kecamatan itu. Di Long Pahangai ada satu posko dan di Long Apari ada posko lagi.

Menurut dr Teguh, program dokter terbang ke daerah terpencil sudah bergulir sejak beberapa tahun lalu. Program ini digagas oleh pemprov dan terus didorong oleh Pemkab Mahulu. Targetnya memudahkan masyarakat memperoleh layanan kesehatan sesuai kebutuhan.

“Kami akui saat ini sedang mewabahnya virus corona. Namun ini bukan suatu halangan. Karena program yang digagas oleh Bupati Mahulu ini sangat bersentuhan langsung dengan kemaslahatan umat, utamanya di bidang kesehatan,” tegasnya.

Menurut dr Teguh, program dokter terbang memang perlu diintensifkan mengingat masih banyak daerah pedalaman dan perbatasan dengan negara tetangga Malaysia yang masyarakatnya belum terjangkau fasilitas kesehatan memadai seperti puskesmas apalagi rumah sakit. (adv/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved