Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Pengrajin Terus Berkreasi di Tengah Pandemi

Norbaiti Isran Noor mengunjungi Lamin Pokant Takaq (Keluarga Kita) yang berlokasi di Jalan Mangkuraja Gang 6 Tenggarong,

Editor: Achmad Bintoro
HUMASPROV KALTIM/UMAR
SOSIALISASI - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor saat mengunjungi Lamin Pokant Takaq (Keluarga Kita) yang berlokasi di Jalan Mangkuraja Gang 6 Tenggarong, Kutai Kartanegara. 

TENGGARONG - Guna melihat langsung perkembangan para pengrajin UKM di daerah, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengunjungi Lamin Pokant Takaq (Keluarga Kita) yang berlokasi di Jalan Mangkuraja Gang 6 Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Selain bersilaturahmi, Norbaiti mengakui inngin melihat perkembangan pengrajin-pengrajin di daerah seperti di Lamin Pokant Takaq ini. Telah disampaikan para pengrajin dari berbagai profesi dan bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Tenggarong, mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

"Kita bersyukur di tengah pandemi Covid-19, namun tidak menurunkan semangat para pengrajin untuk terus berkreasi menciptakan berbagai produk-produk berkualitas dan mampu bersaing dipasaran," kata Norbaiti Isran Noor, Selasa (3/11/2020).

Norbaiti mengakui UKM di daerah tentu memerlukan permodalan, termasuk dukungan moral sehingga para pengrajin tetap semangat. "Dalam membuat kerajinan memerlukan kesabaran, ketelatenan dan kreativitas agar menghasilkan produk-produk unggulan," tandasnya.

Norbaiti menambahkan, era globalisasi dengan terbukanya pasar bebas. Tantangan harus disikapi dengan memainkan kiat-kiat dan terobosan. Selain meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah dan dunia usaha.

"Kami sangat mendukung jika ada program dan kegiatan untuk kemajuan para UKM. Seperti bantuan CSR, pembinaan dan pendampingan untuk pelaku usaha kerajinan," tegasnya.

Pengrajin harap Norbaiti, terus meningkatkan kualitas diri melalui berbagai pelatihan, sehingga ragam jenis dan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan lebih meningkat dan mampu bersaing di pasar luas.

Dalam kunjungannya ke Lamin Pokant Takaq, Norbaiti diterima pemilik galeri (lamin) Pokant Takaq Iman Rojiki serta Kepala Disperindagkop Kukar.. Dalam kesempatan ini, dipaparkan terkait kerjasama Pokant Takaq termasuk produk-produk dari manik-manik, berbagai tas dari karung, Ulap Doyo dan Rotan, Sulam Tumpar serta produk masker. (mar/ri/adv)

Tags
pengrajin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved