Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Silaturahmi dengan Plt Bupati Chairil, Kesultanan Kutai Nyatakan Siap Dilibatkan Membentuk IKN

Adji Pangeran Haryo Kusumo Poeger dalam audiensi dan silahturahmi Kerabat Kesultanan dengan Pemkab Kukar

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
SAMPAIKAN ASPIRASI - Plt Bupati Kukar H Chairil Anwar saat menerima pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang diwakili oleh H Adji Pangeran Haryo Kusumo Poeger. 

TENGGARONG - Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura siap mendukung dan terlibat dalam pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) baru di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar).

Untuk itu, pihak Kesultanan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kukar agar bisa diberi petunjuk yang tepat, beserta peraturan–peraturan yang berlaku agar pembentukan IKN bisa berjalan lancar seperti diharapkan.

"Kami siap mendukung pembentukan IKN di Kukar. Maka kami minta petunjuk dan aturan-aturan yang ada agar prosesnya berjalan lancar," ujar H Adji Pangeran Haryo Kusumo Poeger dalam audiensi dan silahturahmi Kerabat Kesultanan dengan Pemkab Kukar yang diterima oleh Plt Bupati Kukar H Chairil Anwar didampingi Asisten I Akhmad Taufik Hidayat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, di ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Senin (2/11).

Selain itu, pihak Kesultanan juga menyampaikan tentang tanah ulayat. Menurut Adji Pangeran Haryo, terdapat tanah ulayat milik Kesultanan yang masuk dalam wilayah IKN. Namun pihak Kesultanan belum pernah dilibatkan pemerintah pusat dalam rencana pembentukan IKN baru tersebut.

Sementara H Chairil Anwar menyambut baik pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan menerima masukan dan saran tersebut. Dikatakan Chairil, pemkab akan menyampaikan kepada Provinsi Kaltim yang berwewenang dalam penanganan IKN bersama pemerintah pusat.

Menurut Chairil, sementara lokasi IKN masih berubah karena belum ditetapkan tapal batasnya. Sesuai data, wilayah Kukar yang masuk dalam IKN rencananya adalah di Kecamatan Samboja, Muara Jawa, Loa Janan dan Loa Kulu. Kawasan itu yang nantinya akan dijadikan wilayah pengembangan IKN sedangkan pusat pemerintahan berada di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). (adv/prokom06)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved