Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

4 Pesan Pj Bupati dalam Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Kubar

Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Kutai Barat tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana, diawali Rapat Paripurna

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
TUMPENG HUT - Pjs Bupati Kubar HM Syirajudin didampingi Ketua DPRD bersama anggota, Sekretaris Kabupaten, Kapolres Kubar, Dandim 0912 Kubar, Kepala Kejaksaan,  Plt Asisten I, II, Dan III, Kepala Pengadilan Agama memotong tumpeng pada peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Kutai Barat. 

SENDAWAR - Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Kutai Barat tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana, diawali Rapat Paripurna Istimewa I dengan agenda mendengarkan pidato Bupati Kutai Barat dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kutai Barat di Bali Agung Aji Tulur Jejangkat, dipimpin Ketua DPRD Kubar Ridwai SH secara virtual dari ruang sidang kantor DPRD, Kamis (5/11).

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kubar HM Syirajudin SH MT dalam sambutannya mengajak, melalui momen HUT Kubar mengingatkan semua akan kilas balik perjalanan Kabupaten Kutai Barat sejak awal dirintis hingga sekarang sukses menjadi sebuah kabupaten yang terus berupaya mencapai visinya.

Turut hadir Kapolres Kubar, Dandim 0912 Kubar, Sekretaris Kabupaten, Kepala Kejaksaan, Plt Asisten I, II, dan III, Kepala Pengadilan Agama, serta Kepala Bagian dan Subbagian di Sekretariat Kabupaten. Usai sidang paripurna, Ketua DPRD bersama anggota mengikuti pemotongan tumpeng di ATJ.

Pjs Bupati Kubar H M Syirajudin menambahkan, Kabupaten Kutai Barat telah memasuki usia ke 21 tahun, ini memberikan makna yang mendalam.

Mengusung tema ”Dengan Semangat HUT ke-21 Kubar Kita Wujudkan Pilkada Aman, Kubar Sehat, Berbudaya dan Maju Menuju Hari Esok yang Lebih Baik daripada Hari Ini, mengisyaratkan untuk tidak pantang menyerah memberikan sumbangsih melalui karya nyata bagi kabupaten tercinta melalui beragam profesi.

Memasuki usia ke-21 tahun, ada banyak capaian pembangunan pemerintah, seperti perolehan WTP 5 kali berturut-turut ataupun peningkatan infrastruktur antar kampung-kampung terpencil, yang sejak 2016 menjadi komitmen pemerintah untuk diprioritaskan bersamaan dengan program pembangunan lainnya, yang berdasarkan pada apa yang menjadi Kebutuhan dan bukan kepentingan semata.

Lebih lanjut Pjs Bupati menegaskan, menyadari betapa pentingnya agenda peringatan HUT Kubar, maka secara khusus ia menyampaikan pesan dan harapan.

Pertama, pemda melalui Dinas Pemberdayaan dan Kampung telah melakukan monitoring dan meresmikan pembangunan yang menggunakan APBN melalui Dana Desa (DD) dan APBD melalui Alokasi Dana Kampung (ADK), kiranya pencapaian di kampung-kampung dapat terus ditingkatkan. “Besar harapan saya PD, camat, petinggi, pihak swasta dan masyarakat dapat bersinergi,” ujarnya.

Kedua, tugas dan tanggungjawab lembaga eksekutif maupun legislatif tidaklah mudah. Masyarakat semakin maju dan cerdas. Masyarakat kita cepat belajar dan mengetahui dari apa yang terjadi di daerah lain mengenai hal positif tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, sehingga tidak mustahil masyarakat menuntut agar kemajuan itu dapat segera diterapkan dan diwujudkan di Kubar juga. Hal ini tentunya membutuhkan respons yang sangat cepat dari seluruh pihak.

Ketiga, momentum ini pula dapat membawa semangat pembenahan dengan tetap menjaga suasana yang kondusif di daerah ini. Karena dalam suasana aman, tenteram dan damai, dapat melaksanakan tahapan pembangunan dengan sebaik-baiknya. Terlebih akan menghadapi pilkada Desember mendatang. “Mari gunakan hak pilih dan jangan golput,” tegasnya.

Keempat, pandemi covid-19 yang masih berlangsung, tentu dirasakan dampaknya. Oleh sebab itu pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan membentuk satgas penanganan masalah tersebut. Seperti halnya baru-baru ini pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 955/SEK.200.2/STG.KUBAR/XI/2020 tentang upaya pengendalian perjalanan orang pada pintu masuk Kabupaten Kutai Barat dalam masa pandemi Covid-19.

“Marilah mengikuti dan patuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta mengonsumsi makanan bergizi serta rutin berolahraga menjaga imunitas,” tambahnya.(adv/hms10/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved