Virus Corona

Bukan Hanya Jokowi, Terawan Bocorkan Sosok Kunci Penanganan Covid-19 ke WHO, Tugasnya Tak Main-Main

Bukan hanya Jokowi, Terawan Agus Putranto bocorkan sosok kunci penanganan covid-19 Indonesia ke WHO, tugasnya tak main-main

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan keterangan kepada wartawan menjelang kedatangan WNI dari natuna di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

TRIBUNKALTIM.CO - Bukan hanya Jokowi, Terawan Agus Putranto bocorkan sosok kunci penanganan covid-19 Indonesia ke WHO, tugasnya tak main-main.

Menteri Kesehatan ( Menkes) Terawan Agus Putranto memberikan pemaparan tentang penanganan Virus Corona di Indonesia.

Dihadapan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Menkes memuji dua tokoh kunci penanganan covid-19 di Tanah Air.

Diketahui, Terawan Agus Putranto mendapat banyak sorotan di dalam negeri terkait perannya sebagai Menkes dalam menangani pandemi.

Menteri Kesehatan ( Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan pemaparan mengenai penerapan review intra aksi (intra action review/IAR) covid-19 di Indonesia dalam konferensi pers virtual yang diselenggarakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Update Kasus Klub Moge Keroyok TNI Kini Gigit Jari, Harley Davidson Ditahan Polisi, Ada yang Bodong

Baca juga: Bukan Prabowo, Akhirnya Relawan Jokowi Bongkar Menteri Inisial PO Layak Reshuffle, Kesalahan Dibeber

Baca juga: Tak Tinggal Diam, Fadli Zon Soroti Mahfud MD, Bongkar Ketidakadilan Pemerintah Pada Rizieq Shihab

Baca juga: Terjawab, Jadwal Terbaru Formula E Jakarta, Program Andalan Anies Baswedan di Monas Tak Dibatalkan

Selain Terawan Agus Putranto, kegiatan itu diikuti oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Menkes Thailand Anutin Charnvirakul dan Menkes Afrika Selatan Zweli Mkhize.

Terawan yang mendapatkan giliran berbicara keempat memberikan apresiasi atas dukungan WHO kepada Indonesia dalam pelaksanaan IAR untuk penanganan covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, menangani covid-19 di Indonesia bukan perkara mudah.

Sebab, ada banyak sekali pemangku kepentingan baik tingkat nasional maupun daerah yang harus diajak bekerja sama dalam satu komando.

"Meski begitu, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan koordinasi yang dilakukan Wakil Ketua Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan seluruh stakeholder bisa berkomitmen dan berkontribusi dalam mendukung IAR," ujar Terawan.

Terawan Agus Putranto pun menyebut peran besar Luhut Binsar Pandjaitan dalam mengkoordinasikan stakeholder bidang kesehatan dengan berbagai kementerian lain.

Termasuk dalam mengkoordinasikan TNI, Polri, fasilitas kesehatan, laboratorium, akademisi, profesional, pelaku usaha, pemda hingga organisasi internasional dalam mendukung IAR di Indonesia.

Baca juga: Lengkap, Daftar 12 Desa Bakal Terdampak Erupsi, Gunung Merapi Bakal Meletus, Naik Jadi Status Siaga

Lebih lanjut Terawan Agus Putranto mengungkapkan, pelaksanaan IAR yang didukung berbagai pihak membantu penguatan komando dan koordinasi penanganan covid-19 di Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved