Breaking News:

Hari Terakhir Operasi Zebra Mahakam 2020, Polisi Tetap Imbau Warga Tidak Lupa Pakai Masker

Minggu (8/11), menjadi hari terakhir gelaran Operasi Zebra tahun 2020. Selama pandemi covid -19 tidak ada tilang, tetapi lebih mengutama edukasi.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTIM.CO, MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Operasi simpatik (kemanusiaan) yang dilakukan jajaran Satlantas Polresta Samarinda beberapa hari lalu dengan membagikan sembako serta masker di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.  (TRIBUNKALTIM.CO/ MOHAMMAD FAIROUSSANIY) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Minggu (8/11) kemarin menjadi hari terakhir gelaran Operasi Zebra tahun 2020.  Selama pandemi covid -19, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk tidak ada target tilang, tetapi lebih mengutamakan edukasi dan sosialisasi tertib berlalu lintas dan juga menaati protokol kesehatan dalam gelaran Operasi Zebra 2020.

Seperti jajaran Satlantas lainnya, Polres Berau juga tengah melaksanakan operasi Zebra Mahakam 2020 yang sudah dimulai sejak 26 Oktober hingga Minggu (8/11). Operasi zebra ini akan tak hanya menertibkan pengednara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Satlantas Polres Berau mengedepankan tindakan sosial atau prevemtif, ketimbang tindakan tegas berupa memberi sanksi tilang.

Kasatlantas Polres Berau, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra mengatakan operasi Zebra Mahakam 2020 ini konsep operasi yang menfokuskan pada kegiatan yang bersifat simpatik diantaranya kegiatan bakti sosial di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Tingkat Kepatuhan Pakai Masker di Kalimantan Timur Masih Rendah, Dua Kabupaten Ini jadi Sorotan

Baca juga: Evaluasi Operasi Zebra Mahakam 2020, Sikapi Pelanggaran dengan Teguran Lisan

Baca juga: Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sasar Warung Kopi, Razia Protokol Kesehatan Antisipasi Covid-19

"Kita tidak mengedepankan kegiatan penegakan hukum, baik itu tilang maupun teguran, dimana konsep Operasi Zebra di 2020 di masa pandemi ini kita lebih memfokuskan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat simpatik," kata Agung .

Kegiatan sosial yang dimaskud seperti pembagian masker dan sembako kepada masyarakat juga pengguna jalan yang. 

Lanjut Agung dari pantauan di lapangan masih ada masyarakat ataupun pengguna jalan yang belum mematuhi protokol kesehatan, terutama menggunakan masker.

"Dan tetap kami imbau untuk mematuhi protokol kesehatan, pengendara kendaraan bermotor pakai masker. Ini untuk kebaikan bersama dan daripada itu kami juga tetap memberikan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas di jalan," pungkasnya.

Operasi Zebra Mahakam 2020 bersama Batman dan Iron Man di persimpangan Balikpapan Baru, Kamis (29,/10/2020)  TRIBUNKALTIM.CO, DWI ARDIANTO
Operasi Zebra Mahakam 2020 bersama Batman dan Iron Man di persimpangan Balikpapan Baru, Kamis (29,/10/2020)  TRIBUNKALTIM.CO, DWI ARDIANTO (TRIBUNKALTIM.CO, DWI ARDIANTO)

"Kami berharap semoga ke depannya masyarakat atau pengguna jalan tergugah hatinya untuk melaksanakan peraturan-peraturan terkait lalu lintas untuk menekan angka kecelakaan," tutupnya.

Sebelumnya jajaran Satlantas Polres Berau juga telah melakukan bakti sosial diantaranya berbagi sembako ke masyarakat pengguna jalan, pesantren juga melakukan aksi donor darah yang bekerjasama dengan PMI Berau.

Di Samarinda, Operasi Zebra Mahakam tahun ini lebih mengedepankan kegiatan simpatik dan edukasi, sekaligus sosialisasi penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan serta memutus mata rantai Covid-19 atau Virus Corona, diantaranya penggunaan masker.

"Dalam kegiatan operasi zebra tahun 2020, kita kedepankan dengan operasi kemanusiaan. Karena dalam masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona, Operasi Zebra Mahakam 2020 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, lebih mengedepankan edukasi dan sosialisasi tertib berlalu lintas," jelas Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil, melalui Kasubnit II Regident Satlantas Polresta Samarinda, Ipda Mulyadi.

Kegiatan konkret operasi kemanusiaan yang dimaksud yakni berupa penyuluhan, penerangan, pembagian masker, sembako, dan kegiatan sosial lainnya.

"Seperti bakti sosial pembagian sembako bagi masyarakat kurang mampu dan pembagian masker. Yang dibutuhkan masyarakat saat ini operasi kemanusiaan," sebut Ipda Mulyadi.  (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved