Breaking News:

BeritaPemprov Kalimantan Timur

30 Peserta Ikuti Seleksi Capim Baznas Kaltim

seleksi Calon Pimpinan (Capim) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim periode 2020-2026

Editor: Achmad Bintoro
TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (30/10/2020). TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

SAMARINDA - Sebanyak 30 peserta dari kabupaten/kota di Provinsi Kaltim mengikuti seleksi Calon Pimpinan (Capim) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim periode 2020-2026, yang dilaksanakan di Ruang Tepian II, lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim dan Ruang Rapat Wakil Gubernur Kaltim, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kepengurusan Baznas Kaltim yang terpilih harus bisa mengoptimalkan penerimaan dan penyerapan zakat, infaq, dan shodaqoh di Kaltim. Dengan tujuan dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat yang membutuhkannya,” kata Hadi Mulyadi, Selasa (10/11).

Menjurut Wagub, Baznas memiliki potensi besar dalam pengelolaan dan pendistribusian hasil zakat, infaq dan shadaqah dari umat Islam dalam pembangunan Provinsi Kaltim. Untuk itu, kepercayaan masyarakat terhadap Baznas harus terus dibangun.

Sebanyak 30 peserta Capim Baznas Kaltim tersebut mengikuti tes psikometri MCMI-IV (Milon Clinical Multiaxial Invenry-IV) yang merupakan soal tesnya dari RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda, dimana dalam pelaksanaan tesnya dibagi tiga bagian pertama tes soal kejiwaan dengan 195 soal, kedua 567 soal dan ketiga tes tertulis untuk pilihan ganda 5 0 soal dan esay 5 soal, kemudian dilanjutkan pembuatan makalah tentang Baznas.

Dari tes kompetensi ini akan diambil 20 peserta, kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara yang jadwalnya akan ditentukan panitia kemudian, dan 20 peserta tersebut akan diambil 10 peserta, dimana 10 nama-nama Capim Baznas terpilih tersebut akan diserahkan ke Gubernur dan panitia seleksi Baznas pusat.

“Dari 10 Capim Baznas yang dipilih, kemudian mengikuti wawancara langsung dengan Ketua Baznas Pusat dan Wakil Gubernur Kaltim, setelah itu baru dipilih 5 pimpinan Baznas Kaltim, sementera lima pinpinan lainnya akan dijadikan cadangan,” kata Sidik Amrillah, salah seorang Panitia Seleksi. (mar/ri/adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved