Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

5 Mobil Puskesmas Keliling dan 1 Mobil Farmasi Siap Layani Masyarakat Kubar

Lima UPT Puskesmas yang mendapatkan adalah UPT Puskesmas Damai, Besiq, Dempar, Bentian Besar, dan Long Iram.

HUMASKAB KUBAR
SERAHKAN MOBIL - Pjs Bupati Kutai Barat HM Syirajudin didampingi Sekkab Ayonius menyerahkan mobil puskesmas keliling di Alun-alun Itho kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Selasa (10/11/2020). 

SENDAWAR - Guna mempermudah dan memaksimalkan pelayanan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 mendapat bantuan enam unit mobil yang terdiri lima mobil puskesmas keliling (pusling) dan satu mobil gudang farmasi.

Serah terima secara simbolis enam mobil tersebut dilaksanakan di Alun-alun Itho oleh Pjs Bupati Kubar HM Syirajudin, diterima Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Selasa (10/11).

Lima UPT Puskesmas yang mendapatkan adalah UPT Puskesmas Damai, Besiq, Dempar, Bentian Besar, dan Long Iram. Saat penyerahan, Pjs Bupati didampingi Sekda Ayonius, Kadinkes Ritawati Sinaga, serta sejumlah pejabat eselon dan Forkopimda.

Pjs Bupati HM Syirajudin mengatakan, mobil bantuan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat yang sangat membutuhkan. Apalagi di masa pandemi ini pelayanan sangat dibutuhkan masyarakat. “Mudah-mudahan bermanfaat, harus dijaga dan dirawat,” ujarnya.

Sementara menurut Kadinkes Ritawati Sinaga, hadirnya mobil ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Petugas akan jemput bola, mendatangi masyarakat dari kampung ke kampung agar lebih maksimal,

Selama ini, jelasnya, UPT puskesmas sudah memiliki ambulance namun ambulance pusling ini dikhususkan untuk pelayanan di luar gedung, mendatangi masyarakat di lapangan. Ia berharap UPT Puskesmas lebih maksimal melayani masyarakat, sesuai visi dan misi pemerintah adil dan merata, serta masyarakat yang jauh di kampung dapat terjangkau.

Kepala Bidang Pelayanan kesehatan dan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Yankes & SDMK) Dinkes Kubar, Sumiati, mengatakan mobil perdana berfungsi untuk khusus puskesmas keliling. Ini sesuai kebutuhan di daerah yang mengusulkan.

Dari 19 UPT Puskesmas, baru 5 puskesmas yang mendapatkan fasilitas ini sesuai laporan Aspak (Aplikasi sarana prasarana alat kesehatan). Bagi Puskesmas yang akan mendapatkan harus memperbaiki laporan Aspak.(adv/hms36/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved