Breaking News:

BeritaPemkab Kutai Barat

Dinas Pariwisata Kubar Gelar Pelatihan Ekowisata, Agar Tahu Cara Benar Memandu Wisatawan

Pada hari terakhir kegiatan, para peserta diajak melakukan orientasi lapangan di Kampung Linggang Melapeh

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
PENINGKATAN SDM - Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat melakukan Pelatihan Ekowisata di Lamin Tunjung Taman Budaya Sendawar, Kamis (5/11/2020). 

SENDAWAR - Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya bidang pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat melakukan Pelatihan Ekowisata di Lamin Tunjung Taman Budaya Sendawar, Kamis (5/11) lalu.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Seki SPd MPd, mengatakan tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan SDM bidang pariwisata.

Saat membuka pelatihan, Seki menjelaskan, narasumber yang diundang pada pelatihan ini adalah orang yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Pada hari terakhir kegiatan, para peserta diajak melakukan orientasi lapangan di Kampung Linggang Melapeh dan Kampung Lakan Bilem untuk praktek memandu wisatawan secara benar.

Pada kesempatan tersebut, Seki menjelaskan, pariwisata di Kubar merupakan salah satu sektor yang akan terus dikembangkan dan menjadi potensi untuk menambah APBD. Salah satunya adalah melalui ekowisata yang memiliki keunggulan-keunggulan dibanding jenis wisata lainnya.

Ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pembelajaran dan pendidikan. Juga memiliki makna berbeda, yaitu kegiatan wisata yang memiliki tanggungjawab kepada alam, masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kegiatan ini untuk peningkatan SDM sektor industri pariwisata, sekaligus meningkatkan kinerja serta daya saing bagi pembangunan kepariwisataan daerah, khususnya di wilayah Kubar, kata Seki, lagi.

Pemandu wisata atau guide merupakan salah satu jenis usaha pelayanan jasa untuk mempromosikan, memasarkan, mengantar wisatawan lokal maupun mancanegara dalam memperkenalkan objek-objek wisata atau wahana wisata yang ada di daerah masing-masing.

“Kami gelar pelatihan ini, karena di Kubar pemandu wisata atau tour guide belum memahami cara menjadi pemandu wisata yang baik," kata Seki.(adv/hms10/naw)

Tags
ekowisata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved