Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Pemkab Berau Gelar Peringatan Hari Pahlawan, Sekkab: Seluruh Masyarakat Bisa Menjadi Pahlawan

Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali yang menjadi inspektur upacara menyampaikan, seluruh masyarakat bisa menjadi pahlawan

HUMASKAB BERAU
ZIARAH MAKAN PAHLAWAN - Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 dirangkai dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan Wijaya Kusuma. 

TANJUNG REDEB - Peringatan Hari Pahlawan digelar di halaman Kantor Bupati Berau, Selasa (10/11). Kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dengan dihadiri oleh undangan terbatas saja yaitu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan asisten Setda Berau. Rangkaian Hari Pahlawan ini dimulai dengan upacara bendera hingga ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP).

Dalam peringatan Hari Pahlawan ini, seluruh masyarakat diajak untuk menjadi pahlawan di era millennial. Sama seperti yang dilakukan pahlawan sebelumnya dengan menjaga harga diri bangsa dari para penjajah. Namun perjuangan yang dilakukan pada saat ini sudah berubah.

Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali yang menjadi inspektur upacara menyampaikan, seluruh masyarakat bisa menjadi pahlawan sejalan dengan perjuangan yang telah dilakukan pahlawan terdahulu. Sesuai dengan tema dalam peringatan kali ini ‘Pahlawan Ku Sepanjang Masa’. Seluruh masyarakat diajak untuk menjadi pahlawan dalam mewujudkan pembangunan bangsa.

“Teruskan perjuangan pahlawan kita. Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga Negara Indonesia. Dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax atau perbuatan anarkis lainnya,” ujarnya.

Disampaikan juga, makna pahlawan saat ini sangat banyak artinya. Dengan mengikuti perkembangan jaman saat ini, tentu pahlawan bukan lagi seseorang yang menggunakan senjata untuk berperang. Ia menilai bahwa seseorang disebut sebagai pahlawan karena memiliki kontribusi nyata dalam pembangunan negara.

Khusus yang ada di Kabupaten Berau, agar seluruh masyarakat dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Kerja keras dalam membantu pemerintah mewujudkan pemerataan pembangunan merupakan salah satu wujud dalam meneruskan cita-cita pejuang bangsa.

“Termasuk berjuang di masa pandemi covid-19 saat ini. Kita berperan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ditambahkan juga bahwa kemerdekaan yang diraih saat ini tentu tidak mudah dari tangan penjajah. Diharapkan agar masyarakat bisa menjaga keutuhan bangsa dan negara yang telah diperjuangkan tersebut. Di tengah situasi yang terjadi saat ini, beberapa kelompok menggunakan berbagai cara untuk memecah persatuan bangsa. Ia mengajak agar masyarakat bisa kompak dan terus berjuang menolaknya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved