Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Segera Hadirkan Pojok Literasi Sekolah Kubar, Pjs Bupati: Biasakan 6 GLS Ini, Kunci SDM Berkualitas

“Ketika anak-anak terbiasa dengan enam GLS, saya yakin Kubar nanti akan siap berdaya saing untuk mencetak sumber daya manusia

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
GERAKAN LITERASI - pjs Bupati Kutai Barat M Syirajudin (kiri) dan Kepala Disdikbud KubarSilvanus Ngampun (kanan) saat pencanangan gerakan literasi sekolah, ditandaipenabuhan gong. 

SENDAWAR- Pjs Bupati Kubar HM Syirajudin meminta para pelajar memahami dan mengaplikasikan enam jenis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam kehidupan.

“Ketika anak-anak terbiasa dengan enam GLS, saya yakin Kubar nanti akan siap berdaya saing untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas ke depannya,” kata M Syirajudin, usai pencanangan GLS di Kantor Disdikbud Kubar, Kompleks Perkantoran, Barong Tongkok.

Pjs Bupati mengaku, penguasaan enam GLS itu memang tidak mudah dan tidak instan untuk melihat hasilnya. Namun diharapkan dengan sentuhan teman-teman dari Disdikbud Kubar, hal itu bisa terwujud. Salah satunya, menyiapkan enam GLS di semua sekolah.

Adapun enam GLS itu, mencakup literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan.

Kemudian, Pojok Literasi tidak hanya di ruang sekolah-sekolah saja. Diharapkan nanti ada ruang yang disiapkan atau disediakan di samping loket Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang tersebar di 16 kecamatan.

Tujuannya, ketika masyarakat sedang mengurus administrasi kependudukan, sambil menunggu antrean dapat membaca serta melihat hasil karya seni yang dipajang di dalam ruangan itu. “Dengan pencanangan GLS ini semoga dapat berkelanjutan nantinya,” ucapnya.

Kepala Disdikbud Kubar Silvanus Ngampun menambahkan, dengan pencanangan GLS ini, minat baca, minat berliterasi para pelajar dab guru, kepala sekolah serta masyarakat umum mulai digerakkan. Hal ini menjadi upaya bersama semua pihak, tidak hanya lingkup pendidikan. Supaya gemar membaca dan gemar berliterasi dapat terwujud. (adv/hms6/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved