Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Lakukan Apel Siaga Bencana, Pjs Bupati Berau Cek Kesiapan Personil Gabungan

Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Berau, Kamis (12/11). Pjs Bupati Berau, M Ramadhan

HUMASKAB BERAU
CEK KELENGKAPAN - Pjs Bupati Berau, M Ramadhan melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta personil gabungan dalam menghadapi penanggulangan bencana. 

TANJUNG REDEB – Personil gabungan dari TNI/Polri dan Pemkab Berau menggelar apel pasukan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kabupaten Berau. Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Berau, Kamis (12/11). Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menjadi Pembina dalam apel ini.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Berau, Ramadhan menyampaikan bahwa bencana ini dibagi dalam tiga kategori yaitu siaga bencana, darurat bencana dan pasca bencana. Untuk siaga bencana ini yaitu langkah preventif yang dilakukan sebelum munculnya suatu bencana.

Apa saja yang bisa diantisipasi mulai dari sarana dan prasarana hingga kesiapan personil. Kemudian darurat bencana yaitu langkah apa saja yang dilakukan pada saat terjadinya bencana. Serta pasca bencana yaitu upaya dalam melakukan pemulihan para korban yang tertimpa bencana serta lingkungan yang terdampak.

GELAR PASUKAN - Pjs Bupati Berau memeriksa pasukan di apel gelar pasukan penanggulangan bencana alam kemarin
GELAR PASUKAN - Pjs Bupati Berau memeriksa pasukan di apel gelar pasukan penanggulangan bencana alam kemarin (HUMASKAB BERAU)

Disampaikan bahwa apel ini menjadi bagian dalam keseriusan pemerintah hadir dalam upaya menangani bencana alam sebelum terjadinya. Begitu juga untuk melihat sarana dan prasarana yang dimiliki sekaligus kapasitas dari sumber daya manusia (SDM).

“Kita juga ingin menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilisasi kemampuan yang ada,” ujarnya.

Melalui apel ini diharapkan bisa melihat kekurangan yang dimiliki. Apa saja yang masih perlu dibenahi dan dipenuhi untuk mendukung penanggulangan bencana. Sekaligus konsolidasi antar pihak terkait dalam membangun sinergitas dan kesamaan persepsi.

“Hasil pelaksanaan apel ini diharapkan satuan penanggulangan bencana mampu bergerak cepat, tepat dan efisien baik pada saat siaga maupun tanggap darurat. Kita harap bencana ini bisa dicegah sedini mungkin. Dan apa yang harus dilakukan pada saat terjadinya bencana tersebut,” pungkasnya. (adv/Hms)

Tags
Apel Siaga
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved