Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kembangkan Seni Budaya Daerah, Taman Budaya Sendawar Gelar Pelatihan Tari dan Musik Gantar

Ini sesuai visi misi TBS sebagai pusat kebudayaan masyarakat, membina, melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUKAR
PELATIHAN TARI - UPT Taman Budaya Sendawar (TBS) melakukan pelatihan tari dan musik gantar, Rabu (11/11/20202). Tahap awal ini khusus untuk para pelatih. 

SENDAWAR - UPT Taman Budaya Sendawar (TBS) melakukan pelatihan tari gantar dan musik gantar khusus untuk para pelatih yang ada di TBS, Rabu (11/11). Ini sesuai visi dan misi TBS sebagai pusat kebudayaan masyarakat, membina, melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah.

Kepala UPT TBS Melitina menjelaskan, tahap awal UPT TBS memberikan pelatihan kepada para pelatih tari dan musik agar mereka mampu memberikan pelatihan dan pembinaan seni budaya di Kubar khususnya tari gantar dan musik gantar.

“Untuk tari gantar pada pelatihan kali ini ada empat pakem yang lebih diperdalam, yakni tari gantar seluang mudik, batu tutuk tata dulang, burung terbang dan nyiur melambai/lambaian kasih. Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber senior di bidang tari gantar dan musik gantar yakni Bapak Suni, Bapak Tasa dan Ibu Libur,” jelas Melitina.

Harapan kedepan dengan para pelatih memiliki kompetensi di bidang tari dan musik, masyarakat, kelompok masyarakat atau para pelajar yang ingin berlatih tari dan musik dapat berlatih di TBS. Sebab TBS merupakan pusat kegiatan seni dan Budaya di Kubar. Selain itu pula TBS juga sebagai pusat memperkenalkan dan memasarkan seni dan budaya kepada wisatawan.

Melitina juga berharap workshop/pelatihan bisa berkelanjutan, karena kesenian yang ada di 16 kecamatan berkembang sangat pesat. Dengan memberikan pelatihan kepada para pelatih, nantinya para pelatih dapat melatih masyarakat lain.

“Sekali lagi, dengan pelatihan kali ini kita ingin mengembangkan ciri khas Kubar/sesuai yang berbeda dari tempat lain dan hanya ada di Kubar. Dengan demikian jika wisatawan ingin melihatnya maka harus datang langsung ke Kubar,” ujarnya.

Selain itu, melalui pelatihan ini juga diharapkan para pelatih akan lebih memahami properti, kostum dan gerak tari sehingga betul-betul sesuai dengan etnik yang akan ditampilkan.

Menurut Melitina, pihaknya telah merencanakan setiap pekan akan ada pelatihan dan penampilan kesenian di panggung TBS sebagai pembinaan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya di Kubar khususnya di TBS. Melalui kegiatan tersebut tentu diharapkan juga menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui seni budaya khususnya tari dan kerajinan.

“Melalui pelatihan ini juga kami ingin mengangkat potensi wisata sebagai potensi daerah, kemajuan kebudayaan menjadi karakter Kubar. Dengan tujuan sebagai objek wisata unggulan, sehingga dikembangkan sesuai dengan potensi/karakter daerah,” tambahnya.(adv/hms10/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved