Miliki Gedung Representatif Bagi Perpustakaan, Desa Sekurau Jaya Paser Akan Dijadikan Desa Literasi

Desa Sekurau Jaya, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser dalam waktu dekat ini akan dijadikan sebagai Desa Literasi, Senin, (16/11/2020).

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Herawati 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASERDesa Sekurau Jaya, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser dalam waktu dekat ini akan dijadikan sebagai Desa Literasi, Senin, (16/11/2020).

Desa terpilih itu akan menyediakan sarana dan prasarana baca yang representatif, serta didukung oleh pola hidup masyarakat yang berorientasi pada kehidupan yang haus akan ilmu pengetahuan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Herwati saat mengadakan pertemuan dengan segenap perangkat desa di ruang serbaguna Desa Sekurau Jaya.

Baca Juga: Wisata di Balikpapan, Taman Tiga Generasi, Gratis Sedia Pustaka Baca, Area Literasi Bagi Pengunjung

Baca Juga: Millenial di Balikpapan Bisa Melek Investasi, Tingkatkan Literasi Produk Syariah di Pasar Modal

Baca Juga: Disdikbud Balikpapan Akui Minat Literasi Rendah, Padahal Bisa Habiskan 5,5 Jam Main Gawai

Menurut Herawati, dipilihnya Sekurau Jaya karena desa ini sudah memiliki gedung yang representatif khusus untuk perpustakaan.

“Mereka sudah punya gedung yang memadai, tinggal bagaimana kita membantu mengisinya dengan buku-buku di Perpustakaan Daerah", bebernya.

Ke depan, sebagian buku di Perpustakaan Daerah akan didrop secara bergantian. Jadi perpustakaan di tempat ini  akan jadi perpanjangan tangan perpustakaan Kabupaten Paser

Bukan cuma sebagai Desa Literasi, mantan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda ini menyebut beberapa predikat layak diberikan kepada Desa Sekurau Jaya.

"Perpustakaan di sini juga nanti akan jadi perpustakaan percontohan di Paser, dan kita juga akan bangun perpustakaan berbasis inklusi sosial di sini,” lanjutnya.

Sementara itu penjabat Kepala Desa Sekurau Jaya Bambang mengatakan bahwa ruang perpustakaan yang merupakan perluasan dari kantor desa dibangun sejak awal 2020 dan sudah selesai pada pertengahan tahun ini.

Baca Juga: Buka Pelatihan Kepemimpinan Literasi, Wawali Kota Berharap Dapat Meningkatkan Literasi di Tarakan

Baca Juga: Pjs Bupati Kutai Barat Syirajudin Ingin Pojok Literasi Juga Hadir di Setiap Kampung dan Kecamatan

Baca Juga: Meningkatkan Literasi di Bidang Informasi, KIM Kembali Gelar Bimtek di Tenggarong Seberang

"Gedungnya sudah jadi, siap pakai, namun belum memiliki nama. Sebenarnya dari pihak Sekda siap meresmikan waktu ada pembekalan anggota BDP di sini 20 Oktober lalu, namun kami belum siap", kata pegawai Kecamatan Long Ikis.

Menurutnya, ada beberapa yang masih perlu dibenahi sedikit baik dari sisi infrakstruktur maupun SDM sebelum kami benar-benar saat dilakukannya peresmian gedung.

(TribunKaltim.Co/ Syaifullah Ibrahim)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved