Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Utara

RTRW Bulungan Selangkah Lagi Disahkan, Persetujuan Substansi dari Kementerian ATR/BPN Sudah Terbit

Persetujuan Substansi (Persub) terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bulungan sudah terbit.

Editor: Achmad Bintoro
TribunKaltim.Co/HO
Masterplan salah satu kawasan di Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor. 

TANJUNG SELOR - Persetujuan Substansi (Persub) terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bulungan sudah terbit.

Hal ini berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Nomor PB.01/689-200/XI/2020, tanggal 11 November 2020, perihal Persetujuan Substansi atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Bulungan tentang RTRW Kabupaten Bulungan Tahun 2020-2040.

“Alhamdulillah, RTRW Kabupaten Bulungan sudah terbit Persub-nya. Langkah selanjutnya adalah pengesahan Ranperda tentang RTRW Kabupaten Bulungan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulungan,” ujar Kepala Bidang Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara, Panji Agung, Selasa (17/11).

Panji mengatakan, Persub atas Ranperda tentang RTRW Kabupaten Bulungan 2020-2040 ini sangatlah penting.

Mengingat, persyaratan ranperda bisa diparipurnakan oleh DPRD, harus dilengkapi Persub dari kementerian terkait terlebih dahulu. “Jika melihat progresnya saat ini, dalam waktu dekat RTRW Bulungan segera disahkan. Perkiraan waktunya kapan, itu ranahnya ada di DPRD Bulungan.

Hanya saja, jika merujuk pada Surat Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN pada poin 4 disebutkan, pemerintah daerah wajib menyerahkan dokumen Perda tentang RTRW Kabupaten Bulungan Tahun 2020-2040 kepada Ditjen Tata Ruang selambat-lambatnya (1) bulan setelah Persub diterbitkan,” kata Panji.

“Nantinya, jika dokumen RTRW sudah disahkan perdanya, barulah Bulungan menyusun dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), utamanya untuk KBM Tanjung Selor,” tutupnya.

Persub Syarat Penting Menuju Pengesahan

UNTUK diketahui, secara umum, persetujuan substansi (Persub) merupakan salah satu syarat suatu daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan penetapan terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)-nya.

Seperti Persub atas Ranperda Kabupaten Bulungan tentang RTRW Kabupaten Bulungan Tahun 2020-2040, yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) No PB.01/689-200/XI/2020, tanggal 11 November 2020.

Dituturkan Kepala Bappeda-Litbang Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Risdianto, dengan terbitnya persub, maka dapat diartikan Ranperda tentang RTRW Kabupaten Bulungan 2020 segera dapat disahkan.

“Ya, apabila sudah disahkan, tentu dengan adanya RTRW banyak keuntungan lainnya. Salah satunya, menyangkut hal-hal penting sifatnya detail dalam hal pembangunan,” kata Risdianto.

Selain itu, di 2021, terdapat sejumlah kegiatan proyek pembangunan yang alokasinya bersumber dari APBN. Utamanya pembangunan di kawasan KBM Tanjung Selor.

“Sejatinya dalam proses pembangunan tentu diatur dalam tata ruang. Pembangunan dilaksanakan tentu berdasarkan tata ruang yang telah disusun. Jadi, terbitnya Persub atas Ranperda tentang RTRW Bulungan 2020-2040 merupakan langkah baik untuk kegiatan pembangunan, khususnya di wilayah Bulungan,” tutupnya.

Sebagai informasi, menurut delineasi tahap pengembangan I KBM Tanjung Selor, mengusung konsep kota pintar dan berkelanjutan (Smart and Sustainable City). Dengan fokus program dan kegiatan yang terdiri atas penyediaan sistem penyediaan air minum, sistem pengelolaan air limbah skala kawasan, sistem pengelolaan persampahan skala kawasan, sistem drainase, sistem jaringan jalan lingkungan di dalam kawasan serta ruang terbuka publik. Nantinya, ini akan ditindaklanjuti kembali dengan pembangunan infrastruktur permukiman pada Tahun Anggaran 2021.(adv/humas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved